BPIP: Guru Fasilitator Aktualisasi Pancasila

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 20:00 WIB
BPIP: Guru Fasilitator Aktualisasi Pancasila
Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo dalam seminar di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (29/7/2020). (Foto: BPIP).

MALANG, iNews.idGuru merupakan fasilitator dan pemandu bagi peserta didik. Tidak hanya sebagai pengajar, guru juga berperan sebagai pendamping bagi siswa, salah satunya dalam memperkenalkan tokoh-tokoh nasional.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mengatakan, tujuan dari hal tersebut yakni agar siswa dapat membangun kesadarannya dan menjadi lebih inovatif serta kreatif.

"Inovatif dan kreatif menjadi tujuan dalam membangun kesadaran mengenal tokoh bangsa. Ini agar siswa mengetahui dan menjadi teladan yang disesuaikan dengan era sekarang," ujar Benny saat hadir menjadi pembicara dalam seminar yang diselenggarakan BPIP di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (29/7/2020).

Seminar yang mengangkat tema “Peningkatan Nasionalisme melalui Penghormatan Lambang Negara Republik Indonesia” ini diikuti lebih dari 150 peserta yang terdiri atas kepala sekolah dan guru se-Kota Malang dan Batu.

Dalam paparannya, Benny juga menekankan pentingnya memperkenalkan realitas kekinian yang terjadi kepada para siswa.

"Realitas kekinian harus diperkenalkan. Ini bertujuan agar membangun kesadaran anak akan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata rohaniwan tersebut.


Editor : Zen Teguh