Bocor Info Pasien Positif Korona, Dirut RSUD Soetomo: Itu Bukan Hasil Lab

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 17 Maret 2020 - 15:16 WIB
Bocor Info Pasien Positif Korona, Dirut RSUD Soetomo: Itu Bukan Hasil Lab
Ruang isolasi RSUD Dr Soetomo, Surabaya (Foto: iNews.id/Yudha Prawira)

SURABAYA, iNews.id – Seorang pasien di RSUD Dr Soetomo Surabaya dikabarkan positif korona. Kabar tersebut diketahui dari foto hasil pemeriksaan darah yang beredar di sejumlah grup whatsApp, Selasa (17/3/2020).

Dari hasil pemeriksaan, pasien tersebut didiagnosa positif covid-19 dan gagal napas. Orang tersebut dinyatakan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirawat di ruang isolasi rumah sakit setempat.

Dari informasi yang dihimpun, pasien itu berjenis kelamin pria berusia 55 tahun. Dia memeriksa secara mandiri ke RSUD Dr Soetomo pukul 20.35 WIB, Senin (16/3/2020) kemarin.

Dirut RSUD Dr Soetomo Joni Wahyuhadi mengatakan, foto tersebut bukanlah hasil laboratorium.

“Foto itu bukan hasil lab. Tapi itu itu orderan (akan periksa ke laboratorium),” katanya, Selasa (17/3/2020).

Joni membenarkan bahwa pasien tersebut masuk dalam katagori PDP dan telah diisolasi.

“Pasiennya PDP. Sekarang diisolasi,” katanya.

Terkait hasil laboratorium pasien tersebut, Joni belum dapat memastikan. Namun, hasilnya masih diproses dan menunggu waktu beberapa hari. Dia menegaskan, jika dinyatakan positif virus korona akan diumumkan pemerintah pusat.

“Hasil (tes laboratorium) kemenkes yang mendeklarasi,” ujarnya.

Sementara itu, terkait foto pasien diagnosa korona yang terlanjur beredar, Joni tidak mengetahui. Dia telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk melacak oknum yang menyebarkan.

Dia menduga, foto itu dapat diambil dan disebarkan oleh orang dalam rumah sakit maupun pihak luar. Bisa juga pasien sendiri.

“Kami sedang mencari siapa yang memfoto, dari luar bisa dari dalam bisa. Kami minta bantuan kawan-kawan untuk trecking,” katanya.


Editor : Nani Suherni