BMKG Jelaskan Penyebab Gempa M4,8 di Pacitan yang Terasa hingga Yogyakarta

Ihya Ulumuddin ยท Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:56:00 WIB
BMKG Jelaskan Penyebab Gempa M4,8 di Pacitan yang Terasa hingga Yogyakarta
Ilustrasi gempa bumi (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim), Rabu (13/10/2021), pukul 12.00 WIB. Guncangan gempa bumi juga dirasakan hingga di Yogyakarta

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, hasil analisis, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,87 Lintang Selatan (LS) dan 110,97 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut. Jaraknya 78 kilometer (km) dari arah Barat Daya Pacitan. Sementara kedalaman gempa bumi 55 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal. 

"Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa," kata Kepala Stageof Sleman Ikhsan, Rabu (13/10/2021).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Treggalek, Gunungkidul dalam skalan intensita III MMI. Dalam skala ini, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Guncangan juga dirasakan dalam skala intensitas II MMI di Bantul dan Yogyakarta. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: