Biodata Tri Rismaharini, Mensos Baru Pengganti Juliari Batubara

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 22 Desember 2020 - 17:00:00 WIB
Biodata Tri Rismaharini, Mensos Baru Pengganti Juliari Batubara
Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Tri Rismaharini resmi diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Sosial, Selasa (22/12/2020). Perempuan yang akrab disapa Risma ini diketahui masih menjabat Wali Kota Surabaya 2016-2021 yang periodenya segera berakhir.

Perempuan berusia 59 tahun itu menggantikan Menteri Sosial Juliari Batubara yang saat ini berstatus sebagai tersangka kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Dok SINDONews)
Mensos Tri Rismaharini. (Foto: Dok SINDONews)

Selain Risma jadi Menteri Sosial, ada lima nama menteri yang diumumkan Jokowi secara virtual di akun YouTube Sekretariat Presiden. Kelimanya yakni, Sandiaga Uno yang menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Kemudian, Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan yang baru menggantikan Terawan Agus Putranto, M Lutfi menjadi Menteri Perdagangan yang menggantikan Agus Suparmanto, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. Terakhir, Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang juga telah ditangkap KPK.

Karier Risma, dari PNS Jadi Politisi PDIP

Risma yang akhirnya sampai pada posisi Menteri Sosial sebelumnya telah melewati proses panjang selama kariernya, mulai dari PNS hingga menjadi politisi PDI Perjuangan. 

Sebelum menjadi wali kota, Risma meniti karier sebagai seorang PNS di jajaran Pemkot Surabaya sejak tahun 90-an. Dikuti dari sumber Wikipedia, Risma pernah menjabat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga tahun 2010.

Risma memimpin Kota Pahlawan selama dua periode. Dia menjabat sebagai Wali Kota Surabaya periode 2016-2021 sejak 17 Februari 2016. Sebelumnya, dia menjabat wali kota Surabaya pada 28 September 2010 hingga 28 September 2015. 

Risma dikenal sebagai wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya. Dia juga tercatat sebagai perempuan pertama yang dipilih langsung menjadi wali kota melalui pilkada sepanjang sejarah di Indonesia.

Pada Pilkada Surabaya 2010, Risma dan Bambang yang diusung oleh PDIP memenangi pilkada Surabaya 2010 dengan perolehan suara mencapai 358.187 suara atau 38,53 persen dari jumlah suara. Pasangan ini dilantik pada tanggal 28 September 2010 oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sidang paripurna DPRD Kota Surabaya. 

Pada 14 Juni 2013, Bambang DH mengundurkan diri karena maju sebagai calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada Jawa Timur 2013. Risma kemudian didampingi oleh Whisnu Sakti Buana, putra politisi senior PDIP, Soetjipto. 

Risma dan Whisnu kembali maju pada Pilkada Serentak 2015 yang diusung oleh PDIP. Keduanya terpilih kembali dengan meraih kemenangan mutlak yakni sebesar 893.087 suara atau 86,34 persen dari jumlah suara keseluruhan. Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana dilantik pada tanggal 17 Februari 2016 oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: