Beternak Reptil, Pemuda di Sidoarjo Ini Raup Jutaan Rupiah per Bulan

Pramono Putra ยท Jumat, 06 September 2019 - 03:06:00 WIB
Beternak Reptil, Pemuda di Sidoarjo Ini Raup Jutaan Rupiah per Bulan
Muhamad Nur Huda sukses membudidayakan reptil hingga mampu meraup uang jutaan rupiah per bulan. (Foto: iNews.id/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id - Berawal dari hobi mengumpulkan hewan reptil, pemuda asal Desa Jabaran, Balongbendo, Sidoarjo, Jawa Timur ini mampu menghasilkan keuntungan jutaan rupiah per bulan.

Dengan kesabarannya dalam memelihara reptil, pemuda kreatif bernama Muhammad Nur Huda mampu membudidayakan hewan reptil berbahaya sepertii ular kobra, phyton, boa, biawak hingga kalajengking.

Reptil-reptil itu kemudian dijual kepada masyarakat pencinta reptil dan sejumlah tempat edukasi binatang.

Harga yang ditawarkannya pun bervariasi mulai dari Rp300.000 hingga jutaan rupiah tergantung dari jenis hewan reptil yang diinginkan oleh pembelinya. 

Tidak tanggung-tanggung, dalam sebulan Nur Huda mampu menjual hingga 30 jenis reptil pelhiaraannya.

Nurhuda pun mengaku dirinya tak hanya membudidayakan dan menjualnya, namun juga turut melestarikan hewan reptil khususnya jenis ular dan reptil lainnya.

“Sejak kecil lah untuk hobiny. Ini baru lima tahun untuk belajar breeding dan inkubasi sendiri,” katanya, Kamis (5/9/2019).

Dalam perjalanan pembudidayaannya, Nur Huda Mengaku tidak jarang ditawari berbagai macam reptil yang dilindungi oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab, seperti komodo, kura-kura irian, hingga buaya muara.

Namun nur huda selalu menolak dan menganjurkan untuk menyerahkan binatang-binatang dilindungi tersebut kepada yang berwajib.


Editor : Kastolani Marzuki