Bersenjata Lengkap, Prajurit Taifib dan Kopaska Bebaskan Sandera di Pantai Banongan

Antara · Minggu, 22 Agustus 2021 - 13:52:00 WIB
Bersenjata Lengkap, Prajurit Taifib dan Kopaska Bebaskan Sandera di Pantai Banongan
Prajurit Taifib Marinir dan Kopaska saat melakukan latihan pembebasan sandera di Pantai Bongan, Kabupaten SItubondo, Jawa Timur, Minggu (22/8/2021). (Foto: AntaraA/HO-Sersan Marinir Kuwadi/Dispen Kormar)

SITUBONDO, iNews.id - Prajurit Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir dan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) komando armada bebaskan tokoh penting yang disandera di wilayah Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (22/8/2021). Aksi tersebut merupakan latihan puncak kedua tim untuk menghadapi medan sesungguhnya.

Pimpinan latihan yang juga Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kegiatan latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme, khususnya bagi prajurit junior. Harapannya mereka bisa menambah pengalaman yang sangat bagus.

"Nanti yang kalian hadapi di medan yang sesungguhnya seperti ini dan dalam cuaca masih gelap kalian diterjunkan dan harus mengumpul di suatu tempat. Ini tidak mudah, karena kalian pasukan khusus harus diberikan latihan-latihan yang tidak mudah, sehingga nantinya kalian diperintahkan untuk menghancurkan sasaran-sasaran strategis di daerah operasi," katanya.

Ke depan, akan membuat tempat-tempat atau sasaran untuk latihan yang sesungguhnya. Latihan yang sudah dilaksanakan secara rutin ini nantinya akan diubah, sehingga pola pikir prajurit ke depan harus berubah terus, karena memang situasi ke depan tidak akan sama seperti saat ini.

"Demikian juga dalam pelaksanaan latihan, nantinya yang akan kalian hadapi adalah betul-betul musuh," katanya pula.

Operasi pembebasan sandera yang dilakukan oleh pasukan khusus TNI AL tersebut merupakan puncak Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus Gabungan (Latopsdukpassusgab) TNI AL Tahun 2021 yang digelar di wilayah Surabaya, Situbondo, dan sekitarnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: