Bawaslu Tuban Ajak Santri dan Pelajar Jadi Mitra Pengawas Pilkada Serentak

Pipiet Wibawanto ยท Senin, 26 Oktober 2020 - 10:58:00 WIB
Bawaslu Tuban Ajak Santri dan Pelajar Jadi Mitra Pengawas Pilkada Serentak
Para pelajar saat mengikuti sosialisasi pengawasan pilkada serentak di Tuban, Senin (26/10/2020). (Foto: iNews.id/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban mengajak santri dan pelajar untuk berpartisipasi mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Harapannya, pilkada berjalan dengan baik dan jauh dari praktik-praktik kotor.

Edukasi tentang pengawasan pemilu dikemas dalam acara istigasah dan doa bersama untuk bangsa serta kelancaran pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Acara ini juga seligus sebagai peringatan Hari Santri Nasional (HSN).

Kegiatan yang diikuti santri dan pelajar dari berbagai pondok pesantren ini digelar di dua tempat. Untuk materi pembekalan pengawasan partisipatif disampaikan di aula salah satu hotel. Sedangkan istigasah dan doa bersama di gelar di Masjid Astana, kompleks makam Sunan Bonang, Tuban.

Lewat kegiatan ini, santri dan pelajar diharapkan dapat menjadi mitra pengawasan pilkada. Lewat pengetahuan yang diperoleh, santri dan pelajar mampu mengawasi dan mencegah tindak pelanggaran pemilu.


Editor : Ihya Ulumuddin