Banyak Lahan Kosong di Surabaya Terbakar, Wakil Wali Kota Tuding Ada Unsur Kesengajaan

Antara ยท Selasa, 27 September 2022 - 12:05:00 WIB
Banyak Lahan Kosong di Surabaya Terbakar, Wakil Wali Kota Tuding Ada Unsur Kesengajaan
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji. (Foto: Antara)

SURABAYA, iNews.id - Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menduga ada unsur kesengajaan dalam kebakaran sejumlah lahan kosong di Kota Pahlawan sepekan terakhir. Dugaan itu mencuat usai Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya mencermati titik-titik kebakaran lahan tersebut.

"Hal ini dikarenakan titik-titik kebakaran tersebut selain berdekatan, ada juga yang terbakar lebih dari dua kali dengan waktu relatif dekat," kata Cak Ji, sapaan Armuji, Selasa (27/9/2022).

Sebelumnya, dua kebakaran di lahan kosong Vila Wisata Bukit Mas dan kawasan Dupak Rukun terjadi pada Sabtu (24/9/2022).

Data DPKP Kota Surabaya menyebutkan, sepanjang September 2022 ada 103 kejadian kebakaran, sedangkan sejak Januari 2022 hingga sekarang tercatat hanya 530 kejadian kebakaran. Penyebab kebakaran di antaranya api terbuka hingga korsleting listrik.

Dia menjelaskan adanya peningkatan intensitas kejadian kebakaran telah diantisipasi DPKP Surabaya dengan respons tidak lebih dari tujuh menit.

"Selanjutnya kami perlukan upaya pencegahan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait potensi terjadinya kebakaran untuk di tekan seminimal mungkin," kata Cak Ji.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: