Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, 75 Warga Sumbersari Dievakuasi ke Masjid 

Ihya Ulumuddin · Jumat, 04 Desember 2020 - 07:14:00 WIB
Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, 75 Warga Sumbersari Dievakuasi ke Masjid 
Sejumlah warga dikawal petugas tim SAR mengungsi ke masjid menyusul terjadinya banjir lahar dingin Gunung Semer, Kamis (3/12/2020). (istimewa)

LUMAJANG, iNews.id - Sebanyak 75 orang, warga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, dievakuasi tim SAR gabungan ke Masjid Nurul Huda di Dusun Kamar A, Kamis (3/12/2020) sore. Evakuasi dilakukan menyusul terjadinya banjir lahar dingin di Sungai Besuk Lanang dan Besuk Lengkong. 

Hujan deras pada Kamis (3/12/2020) sore hari menyebabkan banjir lahar dingin, membawa material batu, kayu dan lumpur vulkanik Gunung Semeru. Belum ada laporan korban dalam kejadian itu. Semua warga yang sempat kembali ke rumah langsung dievakuasi begitu hujan turun. 

Kasi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, banjir lahar dingin terjadi karena di daerah hulu atau puncak Gunung Semeru terjadi hujan deras. “Hasil penyisiran tim di lapangan, banjir lahar dingin terjadi di sekitar Sungai Besuk Lanang Besuk Lengkong,” katanya, Jumat (4/12/2020). 

Wayan menambahkan, dari pengamatan visual dapat diketahui bahwa derasnya aliran lahar dingin gunung Semeru ini menimbulkan kepulan asap yang membubung tinggi. 

Selain mengevakusi 75 orang warga Dusun Sumbersari, tim SAR gabungan juga berupaya membujuk para warga yang berada di sepanjang sungai Besuk Lanang agar mau dievakuasi. Namun, para warga menolak untuk dievakuasi ke Posko Utama.

Editor : Ihya Ulumuddin