Balon Udara Nyaris Bakar Rumah di Ponorogo, Warga Susah Payah Lakukan Penyelamatan

Ahmad Subekhi · Sabtu, 30 Mei 2020 - 13:46 WIB
Balon Udara Nyaris Bakar Rumah di Ponorogo, Warga Susah Payah Lakukan Penyelamatan
Polisi mengamankan balon udara yang jatuh di atas rumah warga di Ponorogo, Sabtu (30/5/2020).(foto: Ahmad Subekhi)

SURABAYA, iNews.id - Belasan warga Desa Demangan, Kecamatan Siman, Ponorogo susah payah mengevakuasi balon udara di atas rumah warga, Sabtu (30/5/2020). Aksi ini dilakukan karena api pada balon udara masih menyala dan hampir membakar rumah.

Warga sempat kewalahan saat proses evakuasi ini. Selain mengeluarkan asap tebal, ukuran balon udara juga cukup besar. Akibatnya, warga terpaksa merusak sebagian atap rumah untuk bisa mengambil balon tersebut.

“Semua warga panik, sebab api masih menyala. Selain itu ada petasan sepanjang satu meter dan masih meledak. Untungnya banyak warga membantu sehingga balon bisa diambil,” kata salah seorang warga Cahyono, Sabtu (30/5/2020).

Cahyono tidak mengetahui pemilik balon udara tersebut. Dia hanya tahu balon udara tersebut datang dari arah selatan dan turun di atas rumah warga.

“Kejadiannya pagi tadi,” ujarnya.

Sementara itu, balon udara yang berhasil diturunkan langsung diserahkan ke polisi. Petugas Polsek Siman yang datang membawa mobil patroli kemudian menyita balon udara tersebut sebagai barang bukti.

Diketahui, balon udara menjadi tradisi warga Ponorogo saat perayaan Idul Fitri. Padahal, tradisi ini sudah dilarang. Selain membahayakan keselamatan penerbangan, balon udara juga kerap menyebabkan kebakaran dan bahaya lainnya.

Selama Lebaran ini, Polres Ponorogo sudah menyita 40 buah balon udara berbagai ukuran. Namun, masih saja ada yang nekad menerbangkan.


Editor : Ihya Ulumuddin