Awas! 3 Titik Ruas Jalan di Jawa Timur Ini Rawan Longsor

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 03:04 WIB
Awas! 3 Titik Ruas Jalan di Jawa Timur Ini Rawan Longsor
Genangan air di Jember membuat kendaraan harus mengurangi kecepatan demi keamanan. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

SURABAYA, iNews.id – Sejumlah ruas jalan raya di wilayah Jawa Timur (Jatim) rawan longsor. Seperti di ruas Jalan Raya Pecet Mojokerto, Ponorogo-Pacitan dan Pamekasan-Sotobar Madura. Selain karena tekstur tanah di tiga titik tersebut rapuh, potensi tersebut juga terjadi karena ancaman bencana hidrometeorologi di awal tahun ini yang cukup tinggi.

"Selain dua alasan itu, ketiga titik ruas jalan ini pernah terjadi longsor. Karena itu, kami mengimbau bagi para penggun jalan untuk waspada," ujar Kepala Dinas PU Binamarga Provinsi Jatim Gatot Sulistyo Hadi, Rabu (1/1/2020).

Dia menjelaskan, untuk jalan Pamekasan-Sotabar, jalurnya melewati lembah-lembah yang tidak begitu tinggi. Namun, ruas jalan itu nyatanya pernah terjadi longsor hingga perlu diwaspadai.

BACA JUGA: Diterpa Angin Puting Beliung, 2 Pohon di Sidoarjo Tumbang Bersamaan dan Menimpa Mobil

"Kalau di Pacitan itu ada longsor butiran-butiran batu. Panjang jalannya 30 kilometer tapi hanya beberapa spot yang rawan," katanya.

Sementara di ruas Pacet, kondisi aspalnya sangat mulus. Namun saat musim hujan pengendara tetap harus waspada karena ruas jalan tersebut berada di dataran tinggi yang berada di punggung gunung.

Diketahui, beberapa waktu lalu Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyatakan status darurat siaga bencana hidrometeorologi untuk wilayah Jatim. Potensi ini yakni kerawanan banjir, tanah longsor dan angin kencang serta puting beliung.

Status ini disampaikan gubernur berdasarkan kajian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang anomali cuaca (cuaca ekstrem) yang berpotensi terjadi pada Januari-Februari. Data hingga saat ini, sudah ada 21 wilayah di Jatim yang dilanda bencana alam.


Editor : Donald Karouw