Antar Adik ke Surabaya, Ibu Asal Tuban Melahirkan di Bus AKAP

Dedi Mahdi ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 09:12 WIB
Antar Adik ke Surabaya, Ibu Asal Tuban Melahirkan di Bus AKAP
Petugas puskesmas menyelematkan bayi yang baru dilahirkan oleh Siti (28) di dalam bus AKAP (Dedi Mahdi/iNews)

BOJONEGORO, iNews.id - Media sosial digegerkan dengan beredarnya video seorang ibu di Bojonegoro, Jawa Timur melahirkan di dalam bus. Momen melahirkan itu direkam oleh warga kemudian diunggah di media sosial hingga menjadi viral.

Tampak dalam video beberapa detik terlihat seseorang turun dari bus dengan membawa seorang bayi dan masuk ke dalam puskesmas.

Insiden itu terjadi beberapa waktu yang lalu. Saat itu, ibu yang diketahui bernama Siti Wijayanti (28) warga Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini beriniat mengantarkan sang adik ke Surabaya. Keduanya menaiki bus Bintang Mas.

Siti terpaksa mengantarkan adiknya meski sedang hamil tua. Namun, saat melintas di Kecamatan Babat, Lamongan, perut Siti merasa sakit.

"Iya terus mau pulang lagi ke Tuban. Puter balik, saya naik bus jurusan Bojonegoro," kata Siti, Rabu (1/7/2020).

Dia kemudian jalan pulang ke Tuban. Saat tiba di Bojonegoro, Siti mengalami kontraksi dan akhirnya melahirkan di dalam bus.

"Baru ngeden dua kali udah keluar, rasanya kayak sakit perut biasa. Dibantu sama penumpang di bus," kata dia.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Baureno dr Eni Suryana mengatakan, petugas Puskesmas Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro hanya membantu saja. Pas di dalam bus ibu itu sudah melahirkan.

"Kami membantu menolong setelah berhasil. Bus itu berhenti di depan di puskesmas, petugas naik ke bus untuk memotong tali pusar," kata dia.

Setelah tali pusar dipotong, bayi itu dibawa ke dalam puskesmas untuk dibersihkan.

"Bayinya kami selamatkan dulu. Alhamdulillah bayi dan ibunya selamat," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto