12 Amalan Penghancur Sihir Sesuai Syariat Lengkap dengan Doa dan Artinya

Kastolani · Selasa, 19 Juli 2022 - 17:27:00 WIB
12 Amalan Penghancur Sihir Sesuai Syariat Lengkap dengan Doa dan Artinya
Amalan penghncur sihir sesuai syariat yang perlu dilakukan muslim untuk membentengi diri dari kejahatan manusia dan setan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Amalan penghancur sihir sesuai syariat penting diketahui dan diamalkan Muslim untuk membentengi diri dari marabahaya tersebut. Apa saja amalan penghancur sihir?

Sihir adalah perbuatan tercela yang dilakukan dengan pesona dan kekuatan supranatural melalui guna-guna, mantra atau jampi untuk tujuan tertentu. 

Sihir bisa menimbulkan dampak beraneka ragam, seperti sakit, kematian, kebencian, gairah syahwat dan penceraian serta perselingkuhan. 

Ilmu sihir sudah ada dari zaman Nabi Sulaiman dan masih berkembang sampai sekarang.

Mengutip Jurnal Ushuluddin UIN Sulthan Syarif Kasim bertitel "Sihir Dalam Pandangan Al-Qur'an", disebutkan bahwa ada sekitar 30 ayat dalam Al Quran yang membahas mengenai sihir. Antara lain surat Al-Baqarah ayat 102 yang menjadi fokus telaah ini. 

Asbabunuzul ayat ini, dilatarbelakangi tuduhan kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad SAW bahwa ajaran yang dikembangkan Rasulullah SAW itu adalah sihir, lalu turun ayat 102 Al-Baqarah ini. 

Allah SWT berfirman

وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَى مُلْكِ سُلَيْمَانَ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ 

Artinya: “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia” (QS. al-Baqarah: 102).

Dalam ayat di atas, sihir pertama kali diajarkan kedua malaikat yakni, Harut dan Marut. Keduanya mengajarkan kepada manusia tentang peringatan terhadap sihir dan cara melawan ilmu sihir syaitan bukan mengajarkan untuk mengajak mereka melakukan sihir. (al–Jami’ li Ahkamil–Qur’an, Juz II, hal. 472). Metode inilah yang dipakai kedua Malaikat tersebut dalam mengajarkan sihir.

Amalan Penghancur Sihir

Ada beberapa amalan penghancur sihir sesuai syariat dan tuntunan agama. Mereka yang terkena guna-guna atau sihir sangat dilarang untuk mendatangi dukun atau orang pintar. 

Sebaliknya, bagi yang terkena sihir untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan amalan-amalan ibadah yang telah digariskan agama seperti membaca Al Quran, sholawat kepada Nabi SAW dan memanjatkan doa kepada Allah memohon pertolongan dan perlindungannya.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: