Alat Deteksi Covid-19 lewat Bau Ketiak Dikenalkan di RSI Jemursari 

Hari Tambayong · Senin, 22 Februari 2021 - 19:46:00 WIB
Alat Deteksi Covid-19 lewat Bau Ketiak Dikenalkan di RSI Jemursari 
Ketua Majelis Wali Amanat ITS M Nuh (tengah) mengenalkan alat pendeteksi Covid-19 lewat bau ketiak di RSI Jemursari, Senin (22/2/2021). (Foto: iNews.id/Hari Tambayong).

SURABAYA, iNews.id - Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) mulai mengenalkan alat pendeteksi Covid-19 melalui bau ketiak, Senin (22/2/2021). Alat yang dijuluki I-Nose C-19 ini bahkan telah dipamerkan di Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya.

"Intinya go a head (jalan terus). Untuk sampai ke final, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan," kata Ketua Majelis Wali Amanat ITS Muhammad Nuh di RSI Jemursari, Senin (22/2/2021). 

Mantan menteri pendidikan ini mengatakan, akan terus mendukung pengembangan aplikasi I-Nose sebagai skrining kesehatan terhadap publik. Namun, harus sesuai dengan tahapan uji klinis dan regulasi yang ada.

Rencananya, I-Nose akan digunakan langsung di beberapa rumah sakit (RS) yang ada di Surabaya. Alat ini akan digunakan sebagai tahapa awal pemeriksaan kepada pasien usai dinyatakan lolos uji klinis dan tahapan lainnya. 

"Nanti ada di (RSUD) dr soetomo, RSI Jemursari, dan RSI Ahmad Yani. Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerja sama ITS dan RSI Surabaya. Tidak menutup kemungkinan bisa digunakan di dalam Asosiasi RS NU," tutur mantan rektor ITS ini. 

Guru Besar ITS Profesor Riyanarto Sarno mengaku inovasi I-Nose telah melalui beragam uji klinis. Teknologi ini juga telah diuji oleh tim pengembangan perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan. 

Selain itu, teknologi ini juga telah dipraktikan ke beberapa relawan atau pasien. Hasilnya, alat tersebubt dinyatakan mulai bisa digunakan.

Meski begitu, Riyanarto menegaskan keberadaan alat itu bukan untuk menggantikan tes kesehatan antigen dan swab PCR. Melainkan, untuk tahapan awal pemeriksaan atau skrining terhadap pasien.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2