Aktivitas Erupsi Gunung Semeru Menurun, Wabup Lumajang: Tetap Waspada!

Avirista Midaada · Minggu, 04 Desember 2022 - 20:44:00 WIB
Aktivitas Erupsi Gunung Semeru Menurun, Wabup Lumajang: Tetap Waspada!
Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati memantau aktivitas Gunung Semeru di Pos PGA Semeru, Minggu (4/12/2022). (Foto: MPI/Avirista Midaada) .

LUMAJANG, iNews.id - Aktivitas erupsi Gunung Semeru berangsur-angsur mereda setelah meluncurkan awan panas guguran, Minggu (4/12/2022). Meski demikian, warga yang berada di zona merah tetap diminta waspada.

"Berdasarkan informasi pos PGA APG sudah mereda. Tapi kita imbau (warga) tetap waspada," kata Wakil Bupati (Wabup) Indah Amperawati, di Candipuro, Lumajang.

Indah mengatakan, masyarakat juga masih dilarang tinggal maupun beraktivitas di radius 20 kilometer dari puncak Gunung Semeru, apalagi ketika malam hari. 

“Kita mengikuti rekomendasi dari PGA Semeru mengenai radius aman yang ditetapkan. Warga kita larang untuk beraktivitas di 20 km dari puncak Semeru. Sementara kalau malam tidak diperbolehkan tidak di rumah, tapi kalau paginya mau aktivitas di ladang lagi silakan," tuturnya.

Relawan SAR Semeru, Indra Sutrisno mengatakan, kondisi di Desa Supiturang terutama di kawasan dekat puncak Gunung Semeru masih gelap. Pekatnya abu vulkanik ditambah hampir seluruh jiwa mengungsi menjadikan lokasi pun sepi.

"Di permukiman warganya masih gelap tak terlihat, warga semuanya sudah diungsikan di beberapa titik yang disiapkan," ucap Indra.

Diketahui, Gunung Semeru kembali erupsi dengan meluncurkan awan panas guguran beberapa kali. Terjauh sepanjang Minggu (4/12/2022) awan panas meluncur hingga radius 13 kilometer dan 7 kilometer ke arah barat daya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: