Aksi Demo Emak-Emak Buruh di Sidoarjo Dibubarkan Polisi

Pramono Putra ยท Rabu, 01 April 2020 - 13:58 WIB
Aksi Demo Emak-Emak Buruh di Sidoarjo Dibubarkan Polisi
Aksi demo buruh di Sidoarjo dibubarkan polisi, Rabu (1/4/2020). (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.idAksi demo ratusan buruh perempuan di Desa Wedi, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) dibubarkan polisi, Rabu (1/4/2020). Mereka merupakan buruh pabrik rambut yang sedang menuntut upah akibat di PHK sepihak.

Aksi ini terpaksa dibubarkan jajaran Polresta Sidoarjo lantaran saat ini wabah corona sedang melanda. Masyarakat diimbau untuk tidak mengadakan aksi pengumpulan massa agar penyebaran corona dapat ditekan.

Dalam membubarkan aksi, polisi juga tidak menggunakan kekerasan namun dengan cara kekeluargaan. Peserta aksi diminta pulang ke rumah masing-masing.

Aksi ini akhirnya bisa dibubarkan setelah polisi melakukan negosiasi dengan perwakilan buruh. Polisi meminta peserta demo agar tidak melakukan aksi saat kondisi darurat virus corona.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji yang memimpin langsung negosiasi dengan para buruh meminta agar para buruh bisa menjaga kesehatan agar tidak terjangkit corona dengan tidak melakukan aksi massa. Menurutnya, situasi saat ini tidak memungkinkan untuk melakukan unjuk rasa.

“Langkah awal selalu kami lakukan secara kekeluargaan dulu. Alhamdulillah mereka mau. Namun jika kekeluargaan tidak bisa, maka kami menggunakan perangkat yang ada,” katanya.

Sementara terkait aksi demo ratusan buruh wanita yang di-PHK sepihak, hingga kini tidak ada satupun perwakilan perusahaan yang mau memberikan keterangan ke awak media.


Editor : Umaya Khusniah