Ajaib, Perempuan Tunanetra Ini Hafal Alquran Meski Tak Pernah Mengenyam Pendidikan Formal

Bambang Sugiarto · Jumat, 14 Oktober 2022 - 10:35:00 WIB
Ajaib, Perempuan Tunanetra Ini Hafal Alquran Meski Tak Pernah Mengenyam Pendidikan Formal
Maimunah (22), perempuan tunanetra di Jember mampu menghafal Alquran meski tak pernah mengenyam pendidikan formal. (Foto: Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id - Maimunah (22), seorang perempuan tunanetra di Jember mampu menghafal Alqruan dengan suara yang indah dan merdu. Ajaibnya, dia bisa menghafal Alquran tanpa pernah mengenyam pendidikan formal.

Kemampuan itu diperoleh Maimunah hanya bermodal ikut pengajian rutin di musala dekat tempat tinggalnya di Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi.

Untuk mencapai kediaman Maimunah tidak mudah. Warga harus melewati jalur setapak sepanjang satu kilometer melintasi perbukitan yang terjal. 

Akan tetapi, lelah terbayar ketika tiba di rumah Maimunah. Pasalnya, Mainumah yang tinggal berdua dengan ibunya lantaran sang ayah telah meninggal langsung mengeluarkan senyum dan menyapa para tamu dengan akrab.

Suasana semakin menenangkan saat Maimunah melantunkan ayat-ayat Alquran.

Dia mengaku belajar membaca Alquran hanya dengan mendengar lantunan ayat suci yang dibacakan guru mengajinya sejak 2006 lalu. Dia belajar di sebuah musala di desanya tanpa menggunakan alat bantu membaca atau braille maupun handphone.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: