6 Bulan Insentif Tak Cair, Petugas Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Situbondo Mogok Kerja 

Riski Amiral Ahmad · Rabu, 28 April 2021 - 10:11:00 WIB
6 Bulan Insentif Tak Cair, Petugas Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Situbondo Mogok Kerja 
Petugas pemulasraan jenazah Covid-19 Situbondo saat memakamkan pasien covid. (Foto: iNews.id/Riski Amirul Ahmad)

SITUBONDO, iNews.id - Petugas pemulasaraan jenazah Covid-19 Situbondo mogok kerja. Aksi ini mereka lakukan karena insentif mereka selama enam bulan terakhir belum dicairkan. 

Tak hanya itu, belasan petugas juga mendatangi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo. Mereka menuntut kepastian pembayaran insentif yang sudah enam bulan tertunda. 

Informasi yang dihimpun, pembayaran insentif mereka tertunda karena anggaran habis untuk biaya proses pemulasaraan jenazah Covid-19. Hal itu terjadi karena jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia cukup banyak. 

Berdsarkan data Tim Covid-19 Situbondo, persentase kematian pasien Covid-19 di Situbondo cukup besar, melebihi Provinsi jawa Timur dan Nasional, yakni 7,8 persen. Dari 2.508 pasien terkonfirmasi Covid-19, 196 pasien di antaranta meninggal dunia. 

Meski begitu, alasan tersebut tak bisa diterima para petugas. Alasannya, isentif menjadi hak petugas yang tetap harus dibayarkan. "Sejak November 2020 sampai April 2021 insentif kami belum cair. Karena itu, kami mogok kerja," kata Koordinator Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Situbondo, Lukman Habsi, Rabu (28/4/2021). 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: