53 Pasien Klinik di Nganjuk Reaktif Covid-19, Termasuk 5 Balita dan Ibu Hamil

Mukhtar Bagus ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 18:06 WIB
53 Pasien Klinik di Nganjuk Reaktif Covid-19, Termasuk 5 Balita dan Ibu Hamil
Warga mengikuti rapid test massal di Kantor Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. (foto: iNews.id/Mukhtar Bagus)

NGANJUK, iNews.id – Sebanyak 1.116 warga di Kabupaten Nganjuk menjalani rapid test massal. Hasilnya, 53 orang reaktif Covid-19. Dari jumlah itu, lima orang merupakan balita dan seorang ibu hamil sembilan bulan.

Ribuan warga ini terpaksa menjalani rapid test setelah seorang dokter di sebuah klinik di Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, positif Covid-19. Mereka diperiksa lantaran pernah menjadi pasien dan kontak fisik dengan dokter tersebut.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk Kundariana Suhartatik mengatakan, seluruh warga yang reaktif hari ini dijemput petugas untuk proses karantina. Mereka akan diisolasi hingga menunggu tes swab.

“Cukup banyak yang reaktif, ada 53 orang. Dari jumlah itu, lima balita dan satu ibu hamil sembilan bulan. Hari ini juga langsung ditangani,” katanya, Sabtu (13/6/2020).

Dia menjelaskan, berdasarakan tracing Tim Covid-19 Nganjuk, jumlah warga yang pernah menjadi pasien dokter positif Covid-19 memang cukup banyak. Karena itu, rapid test dilakukan secara bertahap di tiga tempat, di antaranya di Kecamatan Pace, Ngrongot dan Kantor Desa Mojokendil.

Diketahui, seorang dokter yang bertugas di sebuah klinik kesehatan di Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, positif Covid-19. Pemerintah Kabupaten Nganjuk bergerak cepat atas temuan ini. Mereka melakukan tracing terhadap seluruh pasien yang pernah melakukan kontak fisik. Hasilnya, ditemukan lebih dari 1000 Orang Dengan Riwayat (ODR).


Editor : Ihya Ulumuddin