5 Warga Positif Covid-19, 1 Dusun di Ponorogo Jalani Karantina Wilayah

Ahmad Subekhi ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 14:59 WIB
5 Warga Positif Covid-19, 1 Dusun di Ponorogo Jalani Karantina Wilayah
Petugas tengah berjaga di pintu masuk Dusun Godang, Ponorogo. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id - Satu dusun di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) menjalani karantina wilayah setelah lima warganya positif Covid-19. Selain mengunci aktivitas, warga juga diwajibkan mejalani rapid test dan Polymerase Chain Reaction (PCR) test.

Karantina wilayah ini terjadi di Dusun Godang, Desa Patihan Wetan, Kecamatan Siman, Ponorogo. Lalu lintas dan kegiatan masyarakat terpaksa dibatasi.

Tak hanya itu, beberapa petugas kepolisian, TNI dan warga juga tampak berjaga di pintu masuk Dusun Godang, Jumat (10/7/2020) pagi. Ratusan warga di desa ini menjalani isolasi mandiri dan akses kampung ditutup total.

Kepala Dusun Godang, Imron Maliki mengatakan, untuk sementara warga kampung tak bisa keluar lokasi. Begitu juga masyarakat dari luar dilarang masuk kampung.

"Langkah menjadi pilihan terakhir setelah lima warganya yang terdiri dari satu keluarga positif Covid-19," katanya, Jumat (10/7/2020).

Dia mngatakan, sedikitnya 42 warga yang berhubungan dengan keluarga pasien harus menjalani rapid test. Selain itu, 14 orang juga akan melakukan PCR test atau swab.

"Hari ini akses ditutup. Warga dari luar tidak bisa masuk. Warga yang memiliki riwayat kontak dengan pasien juga akan menjalai swab dan rapid," katanya.

Data Pemkab Ponorogo, dalam dua hari terakhir, ada 22 kasus baru terkonfirmasi Covid-19. Totalnya kini 77 pasien.

Sebanyak 31 di antaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan 33 orang sembuh dan tiga meninggal dunia.

Seluruh warga diimbau mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak.


Editor : Umaya Khusniah