4 Kecamatan dan 12 Desa di Blitar Ini akan Terdampak Tsunami Bila Terjadi Gempa M8,7 

Solichan Arif · Kamis, 10 Juni 2021 - 20:26:00 WIB
4 Kecamatan dan 12 Desa di Blitar Ini akan Terdampak Tsunami Bila Terjadi Gempa M8,7 
ilustrasi tsunami (istimewa).

BLITAR, iNews.id - Sebanyak 12 desa di empat kecamatan di Kabupaten Blitar masuk zona merah bencana tsunami. Potensi ini muncul bila terjadi gempa bumi Magnitudo 8,7 sebagaimana prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Empat kecematan tersebut yakni Panggungrejo, Wates, Bakung dan Wonotirto. Sedangkan 12 desa tersebut yakni Desa Serang dan Desa Sumbersih (Kecamatan Panggungrejo). Kemudian Desa Ringinrejo dan Desa Tugurejo (Kecamatan Wates), Desa Bululawang, Desa Plandirejo, Desa Sidomulyo, Desa Tumpakkepuh, dan Desa Tumpakoyot (Kecamatan Bakung).

Selanjutnya Desa Gununggede, Desa Ngadipuro dan Desa Tambakrejo (Kecamatan Wonotirto). "Sebagian wilayah desa berada di pesisir laut selatan. Terdapat tiga pantai, yakni Pantai Serang, Pantai Tambakrejo dan Pantai Jolosutro yang selama ini menjadi destinasi wisata," kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar Achmad Cholik kepada wartawan Kamis (10/6/2021).

Keempat kecamatan rawan bencana tsunami tersebut berada di kawasan Blitar Selatan. Di dalamnya ada 12 desa, yakni diantaranya "Salah satu indikator kerawanan adalah jumlah penduduk di daerah itu," kata Cholik. 

Kabupaten Blitar disebut BMKG sebagai salah satu daerah yang berpotensi tsunami setinggi 18-29 meter jika terjadi gempa berkekuatan magnitudo 8,7. Dalam waktu 20-24 menit gelombang besar akan mencapai daratan. Sementara titik tertinggi gelombang, yakni 26-29 meter berada di wilayah pesisir Kabupaten Trenggalek. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2