32 Kabupaten/Kota di Jatim Berstatus Zona Merah, 4 Daerah Waspada dan 2 Sisanya Aman

Ihya Ulumuddin ยท Sabtu, 11 April 2020 - 17:23 WIB
32 Kabupaten/Kota di Jatim Berstatus Zona Merah, 4 Daerah Waspada dan 2 Sisanya Aman
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.idZona merah virus corona (Covid-19) di Jawa Timur (Jatim) terus meluas. Data per 10 April 2020, zona merah Covid-19 telah merembet di 32 kabupaten/kota.

Hanya ada enam wilayah yang belum berstatus zona merah. Di antaranya Kabupaten Sumenep, Sampang, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, dan Ngawi.

Meski begitu, keenam wilayah tersebut juga berpotensi berubah status menyusul banyaknya Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang terdata.

Menurut catatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim, dua dari enam wilayah tersebut saat ini berstatus zona hijau (aman), yakni Sumenep dan Sampang. Sedangkan empat empat daerah lainnya sudah berstatus zona kuning atau waspada.

“Yang (zona) merah semakin merata. Ini mengingatkan kepada kita semua untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan jangan panik,” kata Gubernur Jtaim, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (11/4/2020).

Khofifah juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arah pemerintah, dengan tidak keluar rumah, kecuali urgen. Warga juga diminta selalu mengenakan masker saat keluar rumah, serta menjaga pola hidup sehat.

Sementara itu, dari 32 Kabupaten/Kota di Jatim, Kota Surabaya tetap berada di posisi pertama dengan jumlah penderita posotif paling banyak yakni 97 orang. Setelah itu diikuti Kabupaten Sidoarjo berjumlah 21 orang), Lamongan ada 13 orang; Kabupaten Malang dengan 11 orang; Kabupaten Magetan dan Gresik masing-masing 10 orang.

Selanjutnya, Nganjuk dan Kabupaten Kediri masing-masing sembilan orang, Kota Malang dan Situbondo masing-masing delapan orang, dan Tulungagung tujuh orang. Kemudian Lumajang, Ponorogo dan Kota Kediri masing-masing enam orang.

Lalu Kabupaten Madiun, Jombang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Bangkalan dan Banyuwangi masing-masing tiga orang. Selanjutnya Kota Pasuruan, Kota Batu, Kabupaten Pamekasan, dan Tuban masing-masing dua orang. Terakhir Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Trenggalek, Pacitan, dan Bojonegoro masing-masing satu orang.


Editor : Umaya Khusniah