31 Santri Al Izzah Sembuh dari Covid-19, Gugus Tugas: Harus Observasi Seminggu

Antara ยท Sabtu, 03 Oktober 2020 - 17:03:00 WIB
31 Santri Al Izzah Sembuh dari Covid-19, Gugus Tugas: Harus Observasi Seminggu
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

MALANG, iNews.id - Sedikitnya 31 santri Pondok Pesantren Al Izzah International Islamic Boarding School di Kota Batu, Jawa Timur, dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kendati demikian mereka masih harus menjalani masa observasi tambahan selama satu minggu. 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batu M Chori mengatakan, usai sembuh pada akhir September 2020, 31 orang santri Al Izzah yang sebelumnya terkonfirmasi positif kini mengikuti pembelajaran secara daring.

"Saat ini para santri Al Izzah masih harus menjalani masa observasi tambahan selama satu minggu. Selama observasi, mereka mengikuti pembelajaran online dari kamar masing-masing," ujar Chori di Kota Batu, Sabtu (3/10/2020).

Dia menambahkan, untuk tahap selanjutnya, apabila dalam jangka waktu satu bulan usai observasi tidak ada santri yang memiliki gejala atau tak ada penambahan kasus baru, maka proses pembelajaran tatap muka dapat dilakukan kembali.

Menurutnya, saat proses kegiatan belajar tatap muka tetap akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar tidak ada lagi kasus baru di lingkungan salah satu ponpes terbesar di Kota Batu tersebut.

"Jika dalam jangka waktu satu bulan tidak ada santri yang bergejala atau tidak ada tambahan kasus baru, proses pembelajaran dapat dimulai kembali," ucapnya.

Diketahui, pada pertengahan September 2020 dilaporkan ada 31 orang yang merupakan santri, pegawai dan pengelola Al Izzah International Islamic Boarding School, Kota Batu, Jawa Timur, dinyatakan positif Covid-19.

Usai menjalani masa isolasi selama 14 hari sejak pertengahan September 2020, sebanyak 31 orang penghuni Al Izzah telah dinyatakan sembuh, meskipun tidak dilakukan tes usap kedua karena hanya memiliki gejala ringan, bahkan tanpa gejala.

Dari 31 orang yang terkonfirmasi positif, 27 orang tanpa gejala, sementara empat lainnya memiliki gejala ringan. Empat orang tersebut telah menjalani pemeriksaan dan dinyatakan dalam keadaan baik.

Hingga saat ini di Kota Batu secara keseluruhan tercatat ada 451 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 37 orang meninggal dunia, 362 sembuh dan sisanya masih menjalani perawatan.


Editor : Donald Karouw