300 Sapi di Batu Terjangkit PMK, Pemkot Berikan Vitamin hingga Ramuan Tradisional

Avirista Midaada ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 21:29:00 WIB
300 Sapi di Batu Terjangkit PMK, Pemkot Berikan Vitamin hingga Ramuan Tradisional
Petugas memeriksa sapi dalam upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku. (ilustrasi)

BATU, iNews.id - Sebanyak 300 ekor sapi di Kota Batu terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Langkah preventif pun dilakukan agar penyakit mulut dan kuku itu tak kian meluas ke sapi-sapi lainnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kota Batu Sugeng Pramono mengatakan, sejauh ini ada sekitar 300 ekor ternak, 42 ekor sudah sembuh dan 13 ekor mengalami kematian. Pengecekan pun dilakukan mulai Senin kemarin hingga Rabu ini ke ratusan ekor sapi yang terpapar PMK.

"Peninjauan hewan ternak di Kota Batu untuk memonitoring PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) atau foot and mouth disease adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan biasanya menyerang hewan yang berkuku ganda yaitu sapi, kambing, domba, kerbau, unta, dan babi," ucap Sugeng Pramono melalui keterangan tertulisnya, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, PMK tidak bersifat menular kepada manusia (zoonosis) dan bisa disembuhkan dengan tingkat kematian sekitar 1-5 persen. Bila produk itu dikonsumsi harus terlebih dahulu dimasak dengan matang. "Untuk produk susu dapat dikonsumsi setelah dilakukan pasteurisasi pada suhu 75-80°C selama 15 menit," katanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: