3 Maling asal Surabaya Dibekuk di Gresik, Beraksi Menggunakan Sendok dan Penggaris

Ashadi Iksan ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 18:43:00 WIB
3 Maling asal Surabaya Dibekuk di Gresik, Beraksi Menggunakan Sendok dan Penggaris
Para tersangka pencurian saat keterangan pers di Mapolres Gresik. (Foto: SINDOnews/Ashadi Iksan)

GRESIK, iNews.id - Tiga maling asal Surabaya beraksi di Gresik, Jawa Timur (Jatim). Uniknya, komplotan ini hanya menggunakan sendok dan penggaris dalam beraksi.

Legono (34) dan Gunawan Wibisono (23) asal Kecamatan Sambikerep serta Andi Sugianto (21) asal Kecamatan Benowo  ditangkap usai beraksi di tiga lokasi. Dari hasil kejahatan tersebut, pelaku berhasil membawa kabur uang dan barang senilai jutaan rupiah.

Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto mengatakan, ketiganya sengaja jalan-jalan ke Gresik untuk mencari lokasi yang akan dijadikan target pencurian. Aksi pertama di sebuah SPBU daerah Menganti.

"Saat petugas SPBU lengah, mereka mengambil uang setoran di dalam laci sebesar Rp6 juta," katanya saat rilis kasus, Jumat (2/10/2020).

Lokasi kedua yakni konter handphone di Kecamatan Driyorejo. Tersangka masuk melalui plafon yang dirusak menggunakan sendok dan penggaris.

Sebanyak delapan buah handphone yang dipajang di dalam etalase dan uang tunai Rp 24 juta raib. Total kerugian yang diderita korban mencapai Rp60 juta.

Selanjutnya, para tersangka beraksi di sebuah minimarket di Kecamatan Benjeng. Mereka memanjat tiang penyangga toko.

"Dari atas toko, mereka turun melalui tower tandon air. Untuk masuk ke dalam minimarket, mereka membuat lubang seukuran tangan dengan penggaris besi dan sendok.

"Sebanyak 1.500 bungkus rokok di ruang gudang digondol pelaku," katanya.

Pelaku mengaku hasil kejahatan sebagian dibelikan pakaian dan sisanya untuk foya-foya mencari hiburan.

AKBP Arief Fitrianto yang didampingi Kasat Reskrim AKP Bayu Febrianto Prayoga mengatakan salah satu tersangka yakni Gunawan Wibisono diringkus setelah menjual handphone hasil curian lewat media sosial Facebook dengan harga murah. Polisi lantas menyamar sebagai pembeli.

Pelaku yang juga residivis kasua narkoba ini lantas mengiyakan ajakan pembeli untuk bertemu. Saat itulah pelaku diringkus.

Kepada polisi, pelaku mengaku beraksi bersama dua rekan lain. Selanjutnya, dua pelaku tersebut juga diamankan polisi.

"Para tersangka langsung kita amankan. Polres Gresik akan melakukan tindakan tegas dan terukur bagi pelaku kejahatan di wilayah Gresik," kata Alumnus Akpol 2001 tersebut.

Dari ketiga tersangka, barang bukti yang diamankan di antaranya, empat buah handphone, puluhan slop rokok, enam kaos, dua celana, satu sepeda motor Yamaha Mio warna putih, satu penggaris, satu sendok makan dan dua velg.

Mereka dijerat dengan Pasal 363 ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman pidana sembilan tahun penjara. 


Editor : Umaya Khusniah