2.000 Warga Jombang Salat Id di Jalan Raya dengan Saf Memanjang hingga Sejauh 1 KM

Mukhtar Bagus ยท Minggu, 24 Mei 2020 - 14:58 WIB
2.000 Warga Jombang Salat Id di Jalan Raya dengan Saf Memanjang hingga Sejauh 1 KM
Ribuan warga Desa kendalsari, Jombang saat Salat Idul Fitri di jalan raya dengan saf memanjang hingga sejauh 1 Km. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id - Ribuan warga Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar Salat Idul Fitri, Minggu (24/5/2020). Berbeda dengan biasanya, salat Id tidak dilakukan di masjid atau lapangan, namun di tengah jalan dengan saf memanjang hingga sejauh 1 kilometer.

Hal ini dilakukan agar jemaah tidak sampai berjubel sehingga ada jarak saf yang diatur sepanjang 1 meter. Dan di setiap jarak 100 meter juga terdapat pengeras suara agar suara imam yang memimpin salat agar terdengar ke seluruh jemaah hingga di bagian belakang.

Pantauan iNews, para jemaah tampak khidmat menunaikan salat Id. Setelah selesai salat, jemaah dengan khusuk mendengarkan khutbah. 

Ketua Takmir Masjid Al Falah KH Ali Mas’ad mengaku sengaja menggelar salat Id di jalan karena ingin mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. Jika dilaksanakan dalam masjid dengan jarak antarjemaah satu meter, dikhawatirkan ruangan tidak akan cukup dan justru warga berjubel.

"Insya Allah ada 2.000-an warga yang ikut salat Id ini. Kami buat seperti ini untuk mengikuti anjuran pemerintah. Kalau di masjid kan bisa berjubel-jubel, jadi kami sebagai takzmi masjid menggelar salat Id di jalan dengan saf memanjang," ujarnya, Minggu (24/5/2020).


Editor : Donald Karouw