2 Pengedar Narkotika di Bondowoso Ditangkap, Seorang di Antaranya Masih di Bawah Umur

Riski Amirul Ahmad ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 14:24 WIB
2 Pengedar Narkotika di Bondowoso Ditangkap, Seorang di Antaranya Masih di Bawah Umur
Dua tersangka pengedar pil Logo Y ditangkap di Bondowoso, Jatim. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

BONDOWOSO, iNews.id – Dua pengedar narkotika di Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi dengan barang bukti 1.584 butir pil koplo jenis logo Y. Salah satu pelaku masih di bawah umur.

Kedua pelaku yakni Andriyanto, warga Desa Grujugan Kidul, Kecamatan Grujakan dan seorang anak di bawah umur berinisial CMS. Tersangka CMS ditangkap di kontrakan, Desa Pancoran, Kecamatan Kota, Bondowoso.

Kapolres Bondwoso, AKBP Erick Frendriz mengatakan, keduanya sudah menjadi target petugas dari Satresnarkoba Polres Bondowoso. Kepada petugas, pelaku mengaku menyasar pelajar dan anak di bawah umur sebagai pembeli.

“Pelaku mengaku mendapatkan pil ini dari luar Bondowoso dan pengakuan ini masih akan diselidiki polisi, terkait jaringan luar kota,” katanya saat ekspos kasus di Mapolres Bondowoso, Senin (24/2/2020).

Erick menambahkan, pemakai biasanya menggunakan barang ini sebagai pengganti narkoba. Pil ini dibeli dengan harga murah namun memiliki efek sama yakni stimulan.

“Stimulan ini dapat membuat anak lebih berani sehingga mudah bertindak kriminal,” katanya.

Dinas Kesehatan yang juga hadir dalam ekspose kasus tersebut menjelaskan bahaya pil logo Y berwarna putih di antaranya dapat mempengaruhi sistem saraf. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, sangat berbahaya untuk perkembagan saraf anak-anak dan remaja.

Selain ribuan pil, polisi juga menyita dua unit handphone sebagai media transaksi.


Editor : Umaya Khusniah