17 BPH Jatim Dapat Tambahan Dana Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin

Lukman Hakim ยท Kamis, 24 November 2022 - 12:35:00 WIB
17 BPH Jatim Dapat Tambahan Dana Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin
17 organisasi bantuan hukum dapat tambahan dana untuk bantu masyarakat miskin. (ilustrasi).

SURABAYA, iNews.id – Sebanyak 17 organisasi Pemberi Bantuan Hukum (PBH) mendapatkan tambahan dana bantuan hukum untuk masyarakat miskin. Tambahan dana diberikan karena ke-17 BPH tersebut selama ini bekerja dengan baik memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur (Jatim) Zaeroji menyebutkan, tambahan dana itu merupakan bentuk penerapan kebijakan reward and punishment untuk mengukur kinerja PBH. "Selama ini, PBH yang bertanggungjawab dalam penyaluran bantuan hukum kepada masyarakat miskin dinilai kinerjanya setiap tiga bulan oleh Panitia Pengawas Daerah (Panwasda)," kata Zaeroji, Kamis (24/11/2022).

Zaeroji menjelaskan, pada Juli, pihaknya telah melakukan addendum yang pertama. Namun, pada triwulan ketiga, ternyata masih ada PBH yang kinerjanya tidak sesuai target. 

“Pada triwulan ketiga atau akhir September kami evaluasi lagi, ternyata ada 15 PBH yang kinerjanya lambat, kami geser anggarannya ke 17 PBH yang kinerjanya baik,” kata Zaeroji.

Mantan Sekretaris Dirjen Imigrasi itu menjelaskan bahwa setiap PBH mendapatkan tambahan yang berbeda. Tergantung akreditasi dan performanya pada tahun ini. Ada yang dapat tambahan anggaran hanya untuk kegiatan non litigasi, litigasi, atau ada yang dua-duanya. “Nilainya paling sedikit Rp10,47 juta. Paling banyak Rp24,47 juta,” tuturnya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: