15 ABK Kapal Pesiar Italia Terjaring Razia di Check Point Kota Surabaya

Hari Tambayong · Jumat, 08 Mei 2020 - 19:55 WIB
15 ABK Kapal Pesiar Italia Terjaring Razia di Check Point Kota Surabaya
Sebanyak 15 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Italia terjaring razia di check point, Jumat (8/5/2020).(Foto: iNews/Hari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id – Sebanyak 15 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Italia terjaring razia di check point Gunung Sari, Surabaya, Jumat (8/5/2020). Para anak buah kapal (ABK) ini menumpang bus dari Jakarta dan hendak pulang ke beberapa kota di Jawa Timur (Jatim).

Seluruh TKI diminta turun dari mobil dan diperiksa satu per satu. Selain indetitas, polisi juga memeriksa kondisi kesehatan mereka. Ini untuk memastikan bahwa mereka sehat dan tidak terpapar virus corona (Covid-19). Pasalnya, negara tempat mereka bekerja menjadi salah satu episentrum penyebaran Covid-19.

“Sesuai prosedur, kami lakukan pemeriksaan di sini (check point). Setelah itu, akan kami kawal. Kami serahkan ke pemerintah daerah masing-masing untuk proses karantina,” kata Kapolsek Wiyung Kompol M Rasyad, Jumat (8/5/2020).

Rasyad mengatakan, ke-15 TKI tersebut merupakan anak buah kapal (ABK) Kapal Pesiar Costa Luminosa. Mereka dipulangkan setelah kapal berhenti beroperasi karena pandemi corona. “Mereka ini ada yang dari Madura, Malang, Sidoarjo, Surabaya, dan Banyuwangi,” katanya.

Salah seorang TKI, Fajar, mengatakan, sebelum pulang ke Indonesia, dia bersama seluruh TKI lainnya sudah menjalani karantina selama 1 bulan di Kota Roma Italia. Setelah menjalani tes swab dan hasilnya negatif, seluruh TKI akhirnya diperbolehkan pulang.

Fajar juga mengaku sudah menjalani rapid test lanjutan begitu tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng, dan hasilnya negatif. Karena itu, dia dan teman-temannya diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke tempat asal masing-masing.

“Kami semua lebih dari 300 orang. Kemarin (pulang) pakai pesawat Boeing dari Costa Luminosa,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin