11 Personel Satpol PP Blitar Positif Covid-19, Gugus Tugas Rekomendasi Lockdown

Solichan Arif · Minggu, 23 Agustus 2020 - 14:56:00 WIB
11 Personel Satpol PP Blitar Positif Covid-19, Gugus Tugas Rekomendasi Lockdown
Ilustrasi Covid-19. (Foto : Istimewa)

BLITAR, iNews.id - Sedikitnya sembilan personel Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Blitar terpapar Covid-19. Temuan ini berdasarkan hasil swab test mereka yang dinyatakan positif pada Sabtu (22/8/2020) malam.

"Iya, ada sembilan orang satpol PP positif (Covid-19)," ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti, Minggu (23/8/2020).

Sebelumnya, dua orang personel Satpol PP lain lebih dulu terkonfirmasi positif Covid-19. Artinya kini telah terjadi transmisi lokal (penularan). Jumlah total positif Covid-19 di lingkungan Satpol PP Blitar ada 11 kasus. 

Menurutnya, kesembilan orang yang merupakan kasus baru ini dalam keadaan sehat atau tanpa gejala. Mereka selama ini beraktivitas seperti biasa.

"Semuanya berstatus sebagai oang tanpa gejala (OTG)," katanya.

Dia belum bisa memastikan dari klaster apa mereka bisa tertular. Hasil tracing sementara, diduga berasal dari klaster lingkungan bagian protokol.

"Mungkin dari klaster bagian protokol," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Gugus Tugas juga merekomendasikan Kantor Satpol PP untuk lockdown. Penutupan sementara agar memutus rantai penyebaran kasus.

"Untuk waktunya (lockdown) masih dalam proses," kata Krisna Yekti.

Tercatat hingga 22 Agustus, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 356 orang. Perincian yakni 300 sembuh, 39 orang menjalani observasi dan 17 meninggal dunia.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: