10 Persen ASN Pemkot Surabaya Akan Dites Swab untuk Cegah Covid-19 Gelombang 3

Ihya Ulumuddin · Senin, 22 November 2021 - 23:40:00 WIB
10 Persen ASN Pemkot Surabaya Akan Dites Swab untuk Cegah Covid-19 Gelombang 3
10 persen ASN Pemkot Surabaya akan dites swab untuk cegah Covid-19 gelombang ketiga. (ilustrasi).

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melakukan tes swab PCR terhadap pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di tiap-tiap satuan kerja atau dinas. Upaya ini untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 gelombang ketiga di Surabaya. 

Pemeriksaan PCR untuk pegawai tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) bernomor 001.1/13997/436.7.2/2021. SE tersebut ditandatangani langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dengan sasaran 10 persen dari total karyawan atau karyawati di masing-masing tempat kerja atau usaha.

"Insyaallah kita akan mulai pada 24 November 2021 besok. Kami akan memulai dari instansi Pemkot Surabaya, yakni ASN (Aparatur Sipil Negara) terlebih dahulu. Hal ini untuk memberikan contoh terkait strategi dari Pemkot Surabaya untuk penemuan kasus," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya PrajataraSenin (22/11/2021).

Febri menerangkan, bahwa mulai 24 November 2021 mendatang, Pemkot Surabaya akan menerjunkan tim gabungan yang berasal dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, kecamatan dan kelurahan. Nantinya, para peserta yang akan dilakukan Swab Cast Finding tersebut ditentukan secara acak.

"Tim dari Dinkes akan melakukan swab keliling di kantor-kantor. Peserta yang akan di tes swab nanti akan dipilih, karena akan didata, berapa warga yang dari dalam dan luar Kota Surabaya, yang mungkin mereka berasal dari wilayah yang sedang ada pasien Covid-19," tuturnya.

Selain itu, dia mengaku bila telah berkirim surat kepada setiap perusahaan negeri dan swasta di Kota Surabaya, untuk menangkap sampling tersebut. Meski demikian, Febri menjelaskan, pelaksanaan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Swab Hunter yang terus dilakukan di Kota Surabaya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: