1 Rumah di Madiun Ludes Terbakar, Warga Dengar 10 Kali Ledakan

Arif Wahyu Efendi ยท Senin, 14 September 2020 - 07:58 WIB
1 Rumah di Madiun Ludes Terbakar, Warga Dengar 10 Kali Ledakan
Petugas berusaha memadamkan kobaran api, Minggu (13/9/2020) malam. (iNews.id/Arif Wahyu Efendi)

MADIUN, iNews.id – Rumah milik Ribut, warga Desa Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur ludes terbakar, Minggu (13/9/2020) malam. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pemilik rumah tidak berada di tempat saat kebakaran terjadi.

Menurut keterangan warga, api pertama muncul sekitar pukul 18.30 WIB. Saat itu, asap tiba-tiba mengepul disertai nyala api warna merah. Warga juga mendengar suara letusan lebih dari 10 kali dari arah belakang rumah. Tak lama kemudian api berkobar dan semakin membesar.

Warga sempat berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, upaya tersebut gagal. Khawatir kobaran api menyambar rumah lainnya, mereka lantas menghubungi pemadam kebakaran Kabupaten Madiun.

Butuh satu jam bagi petugas PMK untuk menjinakkan api. Namun, posisi rumah yang berada di gang sempit menjadi kendala bagi petugas. Apalagi, kerumunan warga juga cukup banyak, menghalangi lalulalang petugas.

“Apinya besar sekali. Tadi juga sempat ada kendala, sebab akses masuk cukup sempit. Warga juga ramai,” kata petugas PMK Heru.

Belum diketahui penyebab kebakaran ini. Namun, menurut pengakuan warga, terdengar beberapa kali ledakan saat api pertama muncul. “Api muncul dari rumah bagian belakang. Ada suara ledakan juga, sekitar 10 kali. Setelah itu api langsung membesar,” kata tetangga korban, Edo.

Edo mengatakan, warga langsung gotong royong memadamkan api. Namun, tidak berhasil sampai mobil pemadam datang. “Rumah Pak Ribut ini sudah dua kali terbakar. Tetapi ini yang paling parah,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin