01 Kuasai 31 Kabupaten/Kota di Jatim, TKD: Alhamdulillah, Jatim Keren

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 18 April 2019 - 13:30 WIB
01 Kuasai 31 Kabupaten/Kota di Jatim, TKD: Alhamdulillah, Jatim Keren
Rilis pemaparan hasil hitung cepat TKD Jatim. (Foto: iNews.id/Ihya Ulumudin).

SURABAYA, iNews.id – Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul telak di Jawa Timur. Berdasarkan tabulasi data real count Tim Kampanye Daerah (TKD), pasangan 01 menguasai 31 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim), sedangan pasangan 02, Prabowo-Sandiaga hanya unggul di 7 daerah.

"Sampai tengah malam tadi sudah 80 persen lebih suara masuk. Alhamdulillah, Jokowi-Amin menang, menguasai 31 wilayah. Semua data memang belum masuk, namun ini sudah memberi gambaran," kata Ketua TKD Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin, Kamis (18/4/2019).

Sementara itu, persentase, total perolehan suara Jokowi-Ma'ruf mencapai 59,00 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi meraih 41,00 persen. Dia berharap perolehan suara pasangan calon 01 bisa mendekati 70 persen, apalagi bila melihat antusiasme masyarakat pada hari pencoblosan kemarin.

"Alhamdulillah, Jatim keren. Kami berterimakasih kepada masyarakat atas kepercayaan ini, terutama kepada ulama dan kiai NU," kata mantan Kapolda Jatim ini.

Meski begitu, dia tetap meminta para simpatisan dan pendukung Jokowi-Ma'ruf tetap menunggu hasil hitungan resmi KPU. Mereka diimbau untuk mengawal surat suara, mulai dari TPS hingga ke tingkat pusat, memastikan suara untuk pasangan 01 tidak berkurang sedikit pun.

Hasil hitungan cepat atau quick count diakuinya memang bukan hasil penghitungan resmi. Namun, sebagai metode statistik ilmiah yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

"Quick count ini semoga diterima semuanya dengan besar hati. Pak Jokowi tadi dalam sambutannya luar biasa, karena tidak mengklaim berlebihan. Beliau menunjukkan sikap negarawan untuk membuat situasi tetap kondusif," ujar Machfud.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal