Bukit Teletubbies menjadi salah satu wisata alam di Malang yang wajib dikunjungi. (Foto: @ayodolan/Instagram)
Amelia Ayu Aldira

JAKARTA, iNews.id - Wisata alam di Malang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Malang memiliki sejumlah destinasi wisata alam favorit dengan berbagai macam keindahannya. 

Kota malang dikenal sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur. Tak heran jika Malang memiliki banyak wisata buatan serta alam yang indah. Jika sedang berlibur ke Malang dan tidak tahu harus ke mana, simak wisata alam yang wajib didatangi, dikutip dari berbagai sumber, Senin (19/9/2022).

Daftar 13 Wisata Alam di Malang

1. Coban Rais

Coban Rais adalah salah satu dari beberapa wisata air terjun di kawasan Kota Batu. Coban Rais terletak di Desa Oro-oro Ombo Batu, atau Dusun Dresel, sekitar 3,5 km dari perkemahan. Coban Rais memiliki tinggi 20 meter dan terletak di lereng Gunung Panderman pada ketinggian sekitar 1025 meter.

Coban Rais juga dikenal sebagai Coban Sabrangan karena 14 sungai harus diseberangi untuk mencapai air terjun ini.

Pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam yang hijau disertai kicauan burung yang merdu. Tidak hanya itu, letaknya yang berada di daerah pegunungan dengan udara sejuk membuat perjalanan semakin nyaman bahkan meninggalkan kesan tersendiri bagi wisatawan. 

Sesampainya Coban Rais, pengunjung akan merasakan puncak jerih payah dan kepuasan setelah menempuh perjalanan panjang. Dengan ketinggian hampir 20 meter, air terjun ini siap mencuri perhatian semua orang yang melihatnya dengan keindahan percikan airnya dari atas tebing.

2. Pantai Balekambang

Wisata alam di Malang lainnya yaitu Pantai Balekambang. Pantainya yang indah dengan semua fasilitas yang tersedia tak heran menjadikan pantai ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Malang.

Pantai Balekambang memiliki daya tarik yaitu sebuah pura umat Hindu. Candi ini terletak di Pulau Ismoyo dan menyandang nama Pura Amerta Jati, yang masih banyak digunakan sampai sekarang. 

Banyak wisatawan membandingkannya dengan Tanah Lot di Bali karena letak puranya ke arah laut. 

Pantai Balekambang memiliki banyak pepohonan rindang yang tumbuh di sekitarnya, sehingga tak heran banyak keluarga yang menikmati piknik di bawah naungannya.

3. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetang, Kabupaten Malang. Sesuai namanya, pantai ini memiliki keunikan dengan menampilkan tiga warna yakni gradasi biru laut dan hijau dengan pasir putih kemerahan yang menambah daya tarik bagi pengunjung.

Warna merah muncul karena kemampuan sinar matahari menembus perairan pantai hingga kedalaman 20 meter. Nah, hijau adalah warna berasal dari endapan lumpur yang mengandung plankton. Warna birunya sendiri menandakan airnya cukup dalam.

4. Teluk Bidadari

Teluk Bidadari adalah tempat melingkar yang terisi oleh genangan air berwarna biru kehijauan muda. Wisata alam di Malang ini terletak di area yang sama dengan Pantai Mbehi. 

Ini adalah tempat yang sempurna untuk yang lelah dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu suasananya juga sangat tenang sehingga sangat cocok untuk dikunjungi. 

Dua kolam alami dengan cekungan karang yang indah, unik dan memiliki warna biru muda yang indah dengan kombinasi hijau dan biru. 

Indah seperti namanya, pemandangan di sekitar teluk sangat pas dengan hutan lindung dan karang yang terjal. Oleh karena itu, Teluk Bidadari menarik banyak wisatawan yang mencari spot foto modern. Banyak orang rela melakukan perjalanan melalui hutan belantara untuk menyatu dengan alam melalui Teluk Bidadari.

5. Coban Pelangi

Coban Pelangi atau Air Terjun Pelangi adalah salah satu wilayah konservasi yang berada di bawah perlindungan Perum Perhutani. Destinasi wisata di Malang ini terletak 10 km dari kecamatan Tumpang dan 32 km dari pusat kota.

Untuk mencapai air terjun, pengunjung melintasi medan berbukit yang kemiringannya kurang lebih 45 derajat. Setelah sekitar 15 menit di atas bukit, sisanya melalui jalan setapak.

Coban Pelangi merupakan air terjun yang mengalir turun dari tebing setinggi 30 m dan memiliki gubuk sebagai fasilitas untuk menikmati keindahan air terjun ini.

6. Coban Rondo

Selain Coban Pelangi, ada juga wisata alam di Malang lain yakni Coban Rondo. Coban Rondo terletak 12 km dari Kota Batu, tepatnya di Desa Pandansari di Kecamatan Pujon. Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 60 m dan merupakan air terjun yang paling mudah dinaiki.

Rondo berarti janda dalam Bahasa Jawa. Namanya berasal dari cerita awal mula terciptanya air terjun ini. Menceritakan seorang wanita cantik bernama Dewi Anjarwati yang menjadi janda karena suaminya Raden Baron Kusuma meninggal melawan Joko Lelono. 

Joko Lelono adalah seorang pemuda yang tertarik dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan berusaha merebutnya dari Raden Baron Kusuma. Dalam pertempuran tersebut, Baron Raden Kusuma terbunuh dan Dewi Anjarwati disembunyikan di sebuah gua oleh Punakawan atau tentara. Sejak itu, coban ini dikenal sebagai coban Rondo.

7. Bukit Kuneer

Bukit Kuneer terletak di Jalan Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Malang. Kebun teh ini berada di ketinggian 950-1.250m, sehingga terasa sejuk. 

Bukit Kuneer adalah perkebunan teh Belanda yang ditanam oleh pemerintah pada 1875. Dengan kata lain, pohon itu berumur sekitar 150 tahun. Keindahannya tetap terjaga hingga saat ini.

Bukit Kuneer sebagai wisata alam di Malang juga menjanjikan matahari terbit yang luar biasa. Disarankan datang pada pagi hari karena udaranya masih sejuk. 

Fasilitas wisata Bukit Kuneer cukup memuaskan pengunjung yang berlibur bersama keluarga. Wisata alam ini dilengkapi dengan taman bermain, kolam renang, kunjungan edukasi di taman, dan akomodasi.

8. Bukit Teletubbies Batu

Bukit Teletubbies memiliki daya pikat keindahan tersendiri. Pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam dari sana. Keindahan kota Yogyakarta juga bisa dilihat dari atas di Bukit Teletubbies. 

Wisata alam di Malang ini memiliki dua gazebo besar yang bisa dijadikan tempat hangout bersama keluarga dan teman. Keindahan lembah di sebelah barat dan pegunungan di sebelah utara sangat mencolok. 

Bukit Teletubbies memiliki banyak spot foto, mulai dari halaman luas tempat tersebut bisa duduk-duduk di tanah dan taman dengan rumput hijau hingga titik pandang di spot foto yang ditinggikan.

9. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep adalah sebuah wisata alam di Malang dengan pemandangan yang indah. Romantisme di pantai sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang tersayang. Jika berada di daerah Malang, wajib menyempatkan diri mengunjungi pantai eksotis ini. 

Pantai Ngliyep menawarkan pemandangan yang luar biasa. Pantai terindah di Malang ini memiliki pasir putih yang luas dan bersih. Beberapa penduduk setempat telah mendirikan kios yang menjual berbagai makanan khas pantai dan souvenir pantai.

10. Coban Nirwana

Coban Nirvana belum lama ini dibuka untuk umum, sehingga keadaan alamnya masih sangat asri. Masih dikelola oleh pemerintah daerah. Coban Nirwana terletak di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Coban Nirwana indah seperti Nirwana, dan tebing-tebingnya berjajar rapi. Coban Nirwana terdiri dari dua bukit air terjun yang saling melengkapi. Aliran airnya sangat teratur, seolah-olah ada sesuatu yang bergerak. Banyak pengunjung Coban Nirwana yang terkesima dengan deretan batu.

11. Pantai Goa Cina

Wisata alam di Malang yang menarik untuk dikunjungi lainnya yaitu Pantai Goa Cina. Terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 

Nama asli pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Pantai Goa Cina hanya berjarak 15 menit dari Pantai Vajrumati di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, dan kedua pantai ini berjarak kurang dari 7 km.

Sebelum memasuki Pantai Goa Cina, pengunjung melewati Jembatan Bajulmati di atas muara laut. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 80 meter, lebar sekitar 20 meter, dan memiliki dua jalur.

Tidak hanya gua, tetapi juga pantai di mana terdapat gelombang tidak teratur muncul dari tiga arah: selatan, timur, dan barat. Ombak selalu menerjang antara Pulau Bantengan dan Nyonya. 
Arus gelombang yang bertabrakan sangat kuat sehingga menghasilkan suara gemuruh. Ini adalah fenomena alam yang sangat langka di pantai Malang Selatan.

Tidak ada kapal nelayan yang berani menuju pantai ini karena ombaknya yang besar. Kawasan Pantai Goa Cina merupakan salah satu jalur bagi para nelayan dari segala penjuru menuju Pantai Sendangbiru. Pantai ini memiliki berbagai fasilitas seperti warung makan, mushola, mushola, toilet dan tempat parkir.

12. Kebun Teh Lawang

Kebun Teh Wonosari merupakan salah satu alternatif wisata mewah bagi masyarakat Jawa Timur, khususnya yang tinggal di daerah Malang. Jadi tidak perlu jauh-jauh dari Jawa Timur ke Puncak di Bogor.

Keindahan panorama Kebun Teh Wonosari tak kalah memukau dengan wisata Puncak Bogor. Lokasi Agrowisata Kebun Teh Wonosari terletak di kaki Gunung Arjuno di perbatasan Surabaya dan Malang.

13. Tubing Wringinanom

Tubing Wringinanom terletak di Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Malang. Wisata Ini menawarkan salah satu aktivitas ekstrem di lereng Gunung Semeru lewat body rafting atau tubing. 

Salah satu kegiatan tersebut kini menjadi destinasi yang tergolong baru di kota Malang dan wajib dicoba. Sungai Apron mengalir di sana dengan arus yang sangat kencang. Juga, hulu sungai yang mengalir langsung dari lereng Gunung Semeru adalah Coban Pelangi.

Nah, itu wisata alam di Malang yang cocok untuk berlibur dengan keluarga atau teman. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk mencari referensi berlibur di Kota Malang.


Editor : Rizky Agustian