SURABAYA, iNews.id - Generasi Z (gen Z) berpeluang besar mengambil peran membantu meningkatkan dan memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo saat menjadi pembicara "Anak Bangsa Curhat’ di Universitas Airlangga (Unair), Selasa (7/11/2023).
Menurut Angela, banyak peluang yang dapat digarap oleh gen Z dalam pengembangan ekonomi kreatif, misalnya, dengan menjadi konten kreator. Dia menjelaskan, saat ini banyak generasi Z yang tertarik menjadi konten kreator.
Bahkan, sekarang tercatat konten kreator memiliki pasar Rp7 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat lima kali lipat di 2027. “Jadi mereka tidak sebatas dengan konten-konten komedi, tapi juga lebih mengerucut kepada minat dan bakat masing-masing,” kata Angela.
Angela menjelaskan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama saat pandemi Covid-19. Tercatat ada pertumbuhan karena konsumsi media yang meningkat selama pembatasan sosial.
Editor : Ihya Ulumuddin
Artikel Terkait