TNI AL menobatkan Surabaya menjadi Kota Angkatan Laut. Hal ini tidak terlepas dari peran Surabaya dalam pengembangan TNI AL. (Foto: Nur Syafei)
Nur Syafei

SURABAYA, iNews.id - TNI AL menobatkan Surabaya menjadi Kota Angkatan Laut. Hal ini tidak terlepas dari peran Surabaya dalam pengembangan TNI AL.

Pencanangan ditandai dengan membunyikan lonceng dan sirine kapal perang oleh Pangkoarmada II Laksda TNI TSNB Hutabarat bersama perwakilan Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim, Jumat (2/12/2022) malam.

"Pengembangan angkatan laut itu tidak lepas dari Kota Surabaya. Kita mengenal Surabaya sebagai Kota Pahlawan, saya atas nama Pak KSAL, kami canangkan Surabaya menjadi Kota Angkatan Laut," kata Laksda Hutabarat.

Pencanangan dilanjutkan dengan pemutaran video yang menampilkan ilustrasi Pertempuran Surabaya 1945. Video itu mengilustrasikan sejumlah pemuda yang berperang melawan tentara Belanda, berikut insiden perobekan bendera merah putih biru di atas Hotel Yamato pada 19 September 1945.

Heroisme Surabaya sebagai Kota Pahlawan tak lepas dari kekuatan partahanan Angkatan Laut Republik Indonesia saat itu dalam melawan arogansi tentara sekutu.

Rencananya, Koarmada II akan menjadikan Surabaya sebagai rujukan wisata angkatan laut. Ditandai dengan pendirian Monumen Jalesveva Jaya Mahe, Monumen Kapal Selam Manggala, dan Museum Pusat TNI AL.

"Kelak itu akan menjadi satu kesatuan kunjungan wisata sejarah maritim yang akan dikemas secara tersendiri," ujar Laksda Hutabarat.


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT