Produk makanan dan minuman berkontribusi besar dalam kinerja ekspor Jatim. (ilustrasi).

Strategi Pemprov Jatim untuk peningkatan daya saing produk mamin di Jatim adalah dengan melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM. Mulai dari aspek bahan baku, proses produksi, standardisasi, desain, kemasan, dan pemasaran. "Kami juga berupaya mencarikan pasar ekspor," katanya. 

Sementara itu, ekspotir buah-buahan dan sayuran ke Eropa Barat, Dika Rinakuki mengatakan, dalam mengembangkan bisnis ekspor, eksportir harus melakukan persiapan dengan melakukan riset pasar, melakukan identifikasi calon pembeli dengan melakukan penyesuaian produk, serta mempersiapkan materi yang digunakan untuk promosi.

"Selanjutnya eksportir bisa melakukan promosi pemasaran dengan menentukan pembeli potensial, dan mengirimkan email penawaran yang dilampiri dengan keterangan produk. Promosi selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan website, social media, maupun pameran," ujar Dika. 


Editor : Ihya Ulumuddin

Sebelumnya
Halaman :
1 2

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network