Tangkapan layar saat pria berjaket ojol mencuri Hp dan uang milik jemaah masjid di Malang. (istimewa).
Avirista Midaada

MALANG, iNews.id - Video aksi pencurian laki-laki berjaket ojek online (Ojol) di dalam masjid viral di media sosial. Pada video itu pelaku terlihat masuk ke dalam masjid membawa tas ransel dan mengambil barang milik jemaah perempuan. 

Aksi pencurian ini viral setelah terekam kamera pengawas yang terpasang di dalam masjid. Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi di Masjid Baitul Nur, Dusun Genitri, Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (19/6/2022) pukul 13.37 WIB. 

Video berdurasi satu menit itu memperlihatkan pelaku berjaket ojol memasuki masjid dengan membawa tas ransel di punggungnya. Kemudian dia masuk ke ruang jamaah perempuan saat beberapa jamaah tengah salat. Saat itulah dia mengambil barang yang ada di tumpukan jamaah yang tengah salat.

Warga setempat, Siti Munawaroh membenarkan peristiwa itu. Menurutnya korban pencurian tersebut yakni warga Poncokusumo, Kabupaten Malang yang mampir salat. "Dia baru datang perjalanan dari Pasuruan. Mereka mampir untuk salat dzuhur di masjid," tutur Munawaroh, Rabu (22/6/2022).

Usai salat, korban terkejut mendapati tas berisi uang dan ponsel yang diletakkan di belakang mereka raib. Korban yang kebingungan lantas melaporkan ke takmir masjid setempat.

"Saat melihat rekaman kamera CCTV, benar ada pria berpakaian ojek online masuk dan mengambil barang di ruang jamaah perempuan," tuturnya.

Kapolsek Pakis, AKP Lutfi mengatakan korban pencurian itu adalah istri Ahmad Qusyairi, warga Desa Pajaran, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. "Hingga saat ini masih kami buru, dan belum ditemukan," ujarnya saat ditemui, Rabu (22/6/2022).

Menurutnya, saat beribadah salat dhuhur korban meletakkan tasnya di dekat pintu masjid, di belakang tempat korban salat berjamaah. "Saat pelaku mengambil barang, kondisinya sepi tidak ada orang yang melihat. Karena para jamaah memang sedang fokus salat," ujarnya.

Lutfi merinci barang-barang milik korban yang berada dalam tas hilang saat itu yakni dua buah ponsel dan uang Rp350.000. "Diperkirakan kerugian yang dialami mencapai Rp 4.450.000," katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT