Kondisi Musala Mujahidin di Pasar Kesamben, Kabupaten Blitar, yang tetap berdiri kokoh meski dilanda kebakaran pada Minggu (27/11/2022). (Foto: Robby Ridwan)
Robby Ridwan

BLITAR, iNews.id - Peristiwa unik terjadi saat kebakaran yang melanda Pasar Kesamben, Kabupaten Blitar, pada Minggu (27/11/2022) lalu. Musala Mujahidin di tengah pasar tetap berdiri dalam kondisi utuh meski kios pedagang yang berada di sekitarnya ambruk akibat dilalap api.

Menurut saksi mata, Adi Sucipto, api sempat menjalar ke samping musala. Namun seketika padam saat mengenai bangunan tempat ibadah tersebut.

"Saya waktu menyaksikan itu kena sedikit (bangunan musala) api langsung padam dengan sendirinya," kata Adi saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (28/11/2022).

Kondisi musala yang masih utuh ini mengundang kekaguman dari warga sekitar. Masyarakat dan pedagang sekitar tidak mengira musala tersebut masih utuh dan terhindar dari kobaran api.

"Padahal bangunan di samping di belakang dan sebelahnya habis (terbakar)," kata Adi.

Diberitakan, Ratusan lapak pedagang di Pasar Kesamben, Kabupaten Blitar, ludes terbakar, Minggu (27/11/2022) malam. Api berkobar besar lantaran banyak bahan mudah terbakar.

"Sekitar jam 20.15 WIB ada informasi Pasar Kesamben terbakar. Kita langsung datang ke lokasi dan menghubungi Damkar Kabupaten Blitar," Kata Kapolsek Kesamben AKP Suhartono.

Menurut dia, api semula muncul dari bagian tengah pasar. Banyaknya material mudah terbakar membuat api dengan cepat menjalar ke seluruh bagian pasar.

"Karena api dari tengah, sehingga menjalar ke seluruh bagian pasar," kata Suhartono.

Sedikitnya delapan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk melakukan pendinginan. Sementara, kebakaran terjadi diduga akibat korsleting listrik dari salah satu lapak pedagang.

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT