Warga membongkar portal jalan menggunakan alat berat. (Foto: iNews.id/Pramono Putra).
Pramono Putra

SIDOARJO, iNews.id - Ratusan warga Desa Tambakoso, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo membongkar paksa jalan proyek Apartemen PT Sipoa Group untuk jalan umum. Aksi warga ini dipicu oleh pememasangan portal dan larangan warga umum melintasi jalan yang diklaim milik pengembang tersebut. 

Pembongkaran dilakukan setelah warga melakukan pertemuan dengan pemilik lahan yang digunakan jalan oleh pihak sipoa, Hris Sugianto. Hasilnya, mantan rekanan Sipoa Group tersebut mengizinkan warga desa setempat untuk menggunakan jalan yang selama ini digunakan untuk kepentingan proyek sipoa sebagai jalan umum. 

Keputusan tersebut sekaligus menindaklanjuti surat bupati Sidoarjo tahun 2016 terkait peruntukkan jalan yang dibangun sipoa sebagai jalan umum. "Jalan yang dibangun PT Sipoa ini merupakan jalan umum. Maka hari ini portal kami bongkar dan masyarakat umum bisa melintas," kata perwakilan warga Aris Sugianto.

Kepala Desa Tambakoso M Fauzi mengatakan, akses jalan tersebut semula merupakan bagian dari CSR Sipoa Group. Fungsinya untuk jalan umum. Namun, pada perjalanannya, akses jalan tersebut ditutup, sehingga masyatakat tidak bisa melintas. 

"Karena itu atas kebutuhan dan kepentingan masyarakat, akses jalan ini kembali dibuka untuk umum," ujarnya. 

Belum ada keterangan apa pun dari pihak sipoa atas pembongkaran jalan untuk umum ini. Warga yang menunggu kehadiran perwakilan Sipoa kecewa karena hingga pertemuan berakhir, tidak ada satu pun perwakilan Sipoa Group yang datang. 

Diketahui, akses jalan di depan proyek Apartemen Sipoa tersebut merupakan akses jalan alternatif warga menuju Desa Tambakoso.


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT