Jembatan penghubung antarkecamatan di Ponorogo ambrol akibat penumpukan sampah yang terbawa aliran sungai. (Foto: ANTARA)
Antara

PONOROGO, iNews.id - Jembatan penghubung antarkecamatan di Desa Kunti, Ponorogo, ambrol. Runtuhnya akses warga disebabkan sampah kayu yang menumpuk pada tiang penyangga akibat terbawa arus sungai.

Air yang membendung lantas meluap. Akibatnya permukiman warga terendam.

"Banyak sampah kayu dan rumpun bambu yang tersangkut sehingga aliran air sungai tertahan dan membuat beban tiang jembatan menjadi terlalu besar," kata perangkat Desa Kunti, Sugeng Riyadi, Kamis (10/11/2022).

Adapun jembatan tersebut terputus sejak Rabu (9/11/2022) malam. Detik-detik amblasnya jembatan sempat menjadi tontonan warga sekitar.

Beruntung tidak ada kendaraan ataupun orang yang sedang melintas. Sehingga tidak menyebabkan korban jiwa.

Akibat putusnya jembatan itu, arus lalu lintas terganggu. Warga harus berputar arah untuk menyeberangi sungai dan mencapai tujuan.

"Memang ada jalur alternatif lain namun harus memutar sejauh satu kilometer," ujarnya.

Karyono mengatakan hujan deras mengguyur mulai pukul 16.00 WIB. Lantas pada pukul 21.00 WIB jembatan ambrol.

“Kebetulan tadi saya mau melintas ke jembatan tersebut, karena hendak pulang. Tiba-tiba saja ambrol dan putus,” katanya.

Putusnya jembatan tidak saja memutus akses warga, namun juga aliran air PDAM. Sehingga saat ini warga kesulitan mendapatkan air bersih lantaran hanya mengandalkan pompa air.


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT