Petugas memasang sepanduk peringatan penutupan jalur di Pronojiwo, Selasa (6/12/2022). (Foto: iNews.id/Deni Irwansyah).
Deni Irwansyah

LUMAJANG, iNews.id - Lima jalur alternatif di wilayah Pronojiwo, Kabupaten Lumajang ditutup total mulai Selasa (6/12/2022) siang. Penutupan ini terpaksa dilakukan karena masih banyak warga yang nekat melintas menuju Candipuro Lumajang menerjang jalur aliran erupsi. 

Lima jalur yang ditutup yakni di pertigaan Supiturang arah menuju Jembatan Gantung Gladak Perak, dua titik di jalur pertambangan di Dusun Sumbersari. Kemudian jalur pertambangan Umbulan dan Curahkobokan. 

"Tanda pentupan ini kami pasang untuk memperjelas aturan. Sebab, meski sebelumnya telah ditutup, masih banyak warga yang nekat melintas di jalur aliran material Gunung Semeru," kata Sekretaris Kecamatan Pronojiwo Mohammad Ayon.

Ayon juga mengataka penutupan tersebut sebagai langkah tegas muspika dan forkopimda untuk memudahkan proses tanggap darurat. Harapannya, dengan dipasang spanduk-spandung di lima titik jalur tersebut masyarakat bisa tahu bahwa yang akan mereka lalui yakni jalur dalam zona rawan bencana.

Ayon mengatakan penutupan jalur alternatif ini dilakukan sampai kondisi benar-benar kondusif dan tidak membahayakan masyarakat. 


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT