Petugas gabungan TNI-Polri dan Satpol PP memeriksa dua makam misterius di tengah hutan Bojonegoro, Rabu (10/8/2022). (Foto: iNews.id/Dedi Mahdi).
Dedi Mahdi

BOJONEGORO, iNews.id - Dua makam misterius di tengah hutan menggegerkan warga Bojonegoro. Dua makam tersebut berada di atas gundukan di tengah hutan Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. 

Belum diketahui asal atau pembuat makam tersebut. Warga menduga, makam tersebut sengaja dibuat untuk ritual pesugihan. Sebab di sekitar lokasi ditemukan beberapa perlengkapan ritual seperti dupa, cangkir kopi dan lainnya. Selain itu, makam tersebut muncul di bulan Suro. 

Pantauan di lapangan, lokasi tempat makam yang diduga tempat ritual pesugihan itu berada sekitar kurang lebih 500 meter dari warung semok di Jalan Raya Bojonegoro-Nganjuk. Sedangkan dari jalan raya berjarak antara 50 hingga 100 meter masuk ke hutan.

Camat Temayang, Kasmari mengungkapkan, makam tersebut ditemukan warga sejak Kamis (4/8/2022) lalu. Saat ditemukan terdapat batu kumbung, pasir pantai, secangkir kopi, 4 nisandupha dan beberapa tanaman yang di tanam di tengah makam. 

"Kami belum tahu itu makam asal atau bukan. Itu sudah ada seminggu lalu. Sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan," katanya, Rabu (10/8/2022). 

Lasmari menambahkan, hingga saat ini belum diketahui siapa pembuat makam dan apa motif pelaku membuat makam ditengah hutan. Sebab sebelumnya tidak ada keberadaan makam atau kuburan di lokasi tersebut. 


Editor : Ihya Ulumuddin

BERITA TERKAIT