Infografis Menhan Prabowo Terima Kapal Selam Alugoro-405 dari PT PAL

Ali Masduki ยท Kamis, 18 Maret 2021 - 17:45:00 WIB
Infografis Menhan Prabowo Terima Kapal Selam Alugoro-405 dari PT PAL
Infografis Menhan Prabowo Terima Kapal Selam Alugoro-405 dari PT PAL. (Infografis: Samsul)

SURABAYA, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kapal selam Alugoro-405 dari PT PAL Indonesia (Persero) yang selanjutnya diserahkan kepada TNI AL. Serah terima kapal selam Alugoro ini merupakan tonggak sejarah pertahanan Indonesia.

Prabowo mengatakan, untuk pertama kalinya Indonesia melalui galangan kapal nasional PT PAL Indonesia (Persero) berhasil ikut serta dalam produksi kapal selam. Dia berharap dalam lima tahun ke depan, PT PAL mampu memproduksi kapal selam sendiri mulai dari desain hingga produksi. Saat ini, modernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI dibutuhkan dalam rangka penguatan pertahanan nasional di tengah kondisi geopolitik yang tidak pasti.

Sebelum dilakukan serah terima dan pengukuhan kapal selam Alugoro-405, kapal selam tersebut menjalani berbagai proses pengujian. Kapal selam Alugoro-405 merupakan kapal selam jenis Diesel Electric Submarine U209 (Nagapasa Class) yang memiliki panjang keseluruhan 61,3 meter dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada di bawah air. Kapal ini mampu membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan didesain dengan life time mencapai 30 tahun.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: