Wow, 3 Ekor Singa dan 1 Jerapah Lahir di Taman Safari Prigen Pasuruan

Antara · Kamis, 24 September 2020 - 08:55:00 WIB
Wow, 3 Ekor Singa dan 1 Jerapah Lahir di Taman Safari Prigen Pasuruan
Anak jerapah bernama Corona yang lahir di Taman Safari Prigen Pasuruan. (Foto: Antara)

PASURUAN, iNews.id - Tiga ekor bayi singa dan satu jerapah lahir di ​​​​Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Kini jumlah total singa menjadi 22 dan jerapah sembilan ekor.

General Manager Taman Safari Prigen Diaz Yonadie mengatakan, bayi-bayi singa ini lahir pada 10 Juni 2020. Ketiganya yang diberi nama Abra, Caga dan Ahmad.

"Bayi jerapah lahir pada 5 Agustus 2020. Lantaran lahir saat pandemi Covid-19, bayi jerapah diberi nama Corona," katanya, Rabu (23/9/2020).

Sementara itu, Dokter Hewan Taman Safari Prigen, drh Nanang Tedjo Laksono mengatakan, proses kelahiran keempat satwa tersebut ditangani langsung oleh tim medis maupun keeper (perawat satwa).

"Bayi singa lahir dari indukan jantan bernama Frans dan betina Fina. Sedangkan bayi jerapah lahir dari pejantan Dhafi dan Niken," ujarnya.

Dia menjelaskan, singa betina dikatakan dewasa pada usia 3-4 tahun. Sedangkan jantan di usia 4-5 tahun.

Masa kebuntingan singa sekitar 105-114 hari atau setara 3,5 bulan. Saat itu, induk singa akan mencari tempat yang aman dan nyaman untuk proses melahirkan dengan jumlah anak rata-rata berkisar dua hingga enam ekor.

Menurut data, International Union for Conservation of Nature (IUCN), status satwa singa adalah Vulnerable (rentan). Sementara dalam data Convention on International Trade in Endangered Species (CITES), singa termasuk satwa appendix I yang artinya tidak boleh diperdagangkan.

Sementara untuk satwa jerapah, baik jantan maupun betina akan memasuki masa dewasa secara seksual pada usia 3-4 tahun. Perkawinan jerapah terjadi sepanjang tahun, terutama pada musim hujan dengan masa kebuntingan selama 14 bulan.

"Betina biasanya akan hamil ertama kalinya pada usia empat tahun dan melahirkan dalam posisi berdiri," katanya.

Selain itu, jerapah merupakan hewan yang tidak teritorial melainkan sosial. Mereka membentuk suatu kawanan dengan anggota yang tidak tetap.

Betina cenderung berasosiasi dengan jerapah yang lain, terutama saat punya anak. Anak jerapah jantan biasanya meninggalkan induknya pada usia tiga tahun.


Editor : Umaya Khusniah