WNA China yang Dirawat di RSUD Soetomo Membaik, namun Masih Dirawat di Ruang Isolasi

Yudha Prawira ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 18:26 WIB
WNA China yang Dirawat di RSUD Soetomo Membaik, namun Masih Dirawat di Ruang Isolasi
Direktur RSUD Dokter Soetomo Surabaya, Joni Wahyuhadi saat memberikan keterangan. (Foto: iNews/Yudha Prawira)

SURABAYA, iNews.id – Kondisi Warga Negara Asing (WNA) China yang dirawat di ruang isolasi khusus RSUD Dokter Soetomo Surabaya, Jawa Timur (Jatim) makin membaik di hari keempat. Meski demikian, untuk memastikan serta sebagai langkah antisipasi, tim dokter masih menunggu hasil uji laboratorium swab dahak pasien.

Direktur RSUD Dokter Soetomo Surabaya, Joni Wahyuhadi mengatakan gejala sakit yang membuat pasien perempuan 25 tahun itu harus dirawat di ruang isolasi dinyatakan sudah sembuh. Tim dokter memastikan flu, demam dan sesak pada pasien ini sudah sembuh dan batuk juga sudah semakin berkurang.

“Keluhannya batuk, dan sekarang sudah sangat berkurang, tidak panas badannya dan tidak sesak, tes laboratorium normal semua, tes darah tidak menunjukkan adanya infeksi,” katanya, Rabu (29/1/2020).

Meski demikian, pasien yang berprofesi sebagai pengajar bahasa ini masih dirawat di ruang isolasi sesuai dengan SOP yang berlaku. Hal ini dilakukan sampai tim dokter menerima hasil uji laboratorium swab dahak pasien.

“Karena hasil tes definitif belum keluar,” katanya.

Sebelumnya, seorang warga negara asing (WNA) asal China dirawat di ruang isolasi RSUD Dokter Soetomo Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Dia mengalami gejala sakit seusai datang dari negaranya.

Perempuan yang berprofesi sebagai guru pengajar di sebuah lembaga pendidikan di Surabaya, ini mulai dirawat intensif, Senin (27/1/2020). Sebelumnya, yang bersangkutan memeriksakan sakitnya pada tanggal Minggu (26/1/2020).

Pasien baru saja pulang dari China 5 Januari 2020. Lantaran hal ini, maka tim dokter waspada dan berhati-hati dalam menangani pasien tersebut.


Editor : Umaya Khusniah