Waspada Virus Korona, WNA China Dirawat di Ruang Isolasi karena Flu dan Batuk

Ihya Ulumuddin, Yudha Prawira ยท Senin, 27 Januari 2020 - 11:22 WIB
Waspada Virus Korona, WNA China Dirawat di Ruang Isolasi karena Flu dan Batuk
Ruang isolasi khusus RSUD dr Sotomo Surabaya, Jatim. (Foto: iNews/Yudha Prawira)

SURABAYA, iNews.id - Seorang warga negara asing (WNA) asal China dirawat di ruang isolasi RSUD Dokter Soetomo Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Dia mengalami gejala sakit seusai datang dari negaranya.

Perempuan yang berprofesi sebagai guru pengajar di sebuah lembaga pendidikan di Surabaya, ini mulai dirawat intensif, Senin (27/1/2020).

Direktur RSUD Dokter Soetomo Surabaya, Jhoni Wahyuhadi mengatakan pasien berusia 25 tahun ini datang ke RS untuk memeriksakan sakit flu, batuk dan pilek seusai datang dari China. Lantaran memiliki riwayat dari China, dokter di RSUD Dokter Soetomo memilih berhati-hati dalam menangani.

BACA JUGA: Rektor Unesa Pastikan 13 Mahasiswa Unesa di Wuhan Aman dan Sehat

“Pasien ini tanggal 5 Januari 2020 dari China itu dia ga ada masalah. Kira-kira seminggu sebelum tanggal 26 Januari 2020, dia sakit batuk pilek,” katanya, Senin (27/1/2020).

Menurut Jhoni, dari gejala yang dialami pasien, belum memenuhi kriteria sangkaan dari Virus Korona. Namun untuk tindak pencegahan dan kewaspadaan, pasien dimasukkan ke dalam ruang isolasi khusus.

Pasien akan menjalani serangkaian pemeriksaa untuk mengetahui lebih lanjut apakah pasien ini suspect Korona atau tidak. Sementara itu, untuk penangangan pasien ini, pihak RS telah membentuk tim yang terdiri dari berbagai spesialis penyakit dalam dan paru-paru.


Editor : Umaya Khusniah