Waspada, Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Jatim Akhir November-Desember

Ihya' Ulumuddin ยท Kamis, 14 November 2019 - 01:03 WIB
Waspada, Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Jatim Akhir November-Desember
Anggota TNI dan warga mengevakuasi pohon tumbang akibat disapu angin kencang di Surabaya. (Foto: Dok.iNews.id)

SURABAYA, iNews.id - Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur meminta masyarakat waspada selama kurun akhir November hingga awal Desember. Sebab di akhir dan awal bulan itu diprediksi akan terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Berdasarkan hasil pengamatan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), akan terjadi angin kencang berkecepatan 45 km/jam. Angin ini dapat menumbangkan pohon dan merusak bangunan,” kata Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur Suban Wahyudiono, Rabu (13/11/2019).

BACA JUGA: Waspada Bencana, BMKG Prediksi Hujan Angin Merata di Jatim Malam Ini

Suban menjelaskan, saat ini adalah masa peralihan, dari musim kemarau ke musim penghujan. Pada momen tersebut, hujan akan disertai angin kencang yang berkecepatan tinggi. Kondisi tersebut akan merata terjadi di Jawa Timur.

Menurut Suban, pada akhir Oktober lalu, angin kencang sudah muncul sporadis di daerah pegunungan. Namun, sekarang telah meluas ke kawasan dataran. “Beberapa hari lalu sudah mulai, di Lamongan dan Bojonegoro. Ini menandakan sudah merata,” katanya.

BACA JUGA: BMKG Jatim: Waspadai Angin Kencang dan Puting Beliung Sepekan ke Depan

Karena itu, kata dia, BPBD Jatim terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota di Jawa Timur untuk mengantisipasi kemungkinan bencana tersebut. Harapannya, begitu ada bencana, tidak ada korban. “Mudah-mudahan Jatim aman” katanya.

Diketahui, hujan deras disertai angin puting beliung telah melanda sejumlah wilayah di Jawa Timur. Di antaranya adalah Kabupaten Tuban; Bojonegoro; Lumajang, dan Kota Batu. BPBD memprediski hujan disertai angin kencang merata terjadi pada awal Desember 2019.


Editor : Kastolani Marzuki