Warga Ponorogo Panik, Balon Udara Raksasa Tersangkut di Kabel Listrik

Ahmad Subekhi · Jumat, 29 Mei 2020 - 14:51 WIB
Warga Ponorogo Panik, Balon Udara Raksasa Tersangkut di Kabel Listrik
Balon udara raksasa yang berhasil dievakuasi dari kabel listrik dan telkom di Ponorogo. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id – Sebuah balon udara raksasa di Ponorogo, Jawa timur (Jatim) tersangkut dan nyaris membakar kabel jaringan listrik PLN dan Telkom. Akibatnya, warga sempat panik karena api pada sumbu balon masih menyala dan ada banyak petasan berukuran besar yang dipasang.

Peristiwa tersangkutnya balon udara berdiameter lima meter dan tinggi 20 meter ini terjadi di Jalan Sultan Agung Ponorogo, Jumat (29/5/2020) pagi. Warga sempat mengabadikan proses evakuasi balon udara oleh beberapa orang dibantu petugas.

Dalam video tersebut terlihat warga beserta petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dibantu polisi berusaha menarik balon yang menyangkut di kabel listrik. Api dari sumbu balon dan petasan yang terpasang masih menyala sehingga petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkannya terlebih dulu agar tidak meledak dan mengenai pengguna jalan.

Proses evakuasi ini memakan waktu hampir satu jam. Balon beserta 17 petasan yang belum meledak lalu diamankan di Mapolsek Kota Ponorogo.

Kapolsek Ponorogo, AKP Haryo Kusbintoro mengatakan ini adalah balon ke sembilan yang jatuh di Kota Ponorogo. “Diduga, balon ini dari berasal dari wilayah lain yang terbawa angin dan jatuh di Kota Ponorogo,” katanya.

Sebelumnya, balon jatuh dan menimpa kabel. Lantaran masih ada petasan yang belum meledak dan api pada sumbu balon masih menyala, petugas menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Atas temuan ini, polisi akan melakukan penyelidikan. Petugas juga mengimbau warga untuk tidak menerbangkan balon udara.

“Balon udara membahayakan keselamatan penerbangan, menyebaban kebakaran dan mengganggu jaringan listrik PLN,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah