Warga Lumajang Geger Penemuan Bayi Baru Dilahirkan di Dalam Kardus

Yuswantoro, Sindonews ยท Jumat, 09 Agustus 2019 - 13:15 WIB
Warga Lumajang Geger Penemuan Bayi Baru Dilahirkan di Dalam Kardus
Penemuan bayi perempuan di dalam kardus di Lumajang. (Foto: Sindonews).

LUMAJANG, iNews.id - Warga Ranuyoso Kabupaten Lumajang geger dengan penemuan bayi di dalam kardus. Korban diduga sengaja ditelantarkan orang tuanya di depan rumah seorang warga pada Kamis (8/8/2019) malam.

Bayi berjenis kelamin perempuan tersebut ditemukan di rumah warga Dusun Krajen II, Desa Ranubedali, Kecamatan Ranuyoso. Kondisi korban berada di dalam kardus, ditinggalkan di teras rumah warga, Sakor (49), pukul 19.00 WIB.

"Saya langsung melapor ke kepala desa, supaya didampingi ke Polsek Ranuyoso. Selanjutnya, bayi tersebut dibawa ke puskesmas," kata Sakor kepada wartawan di Desa Ranubedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jatim, Jumat (9/8/2019).

Awalnya, kata dia, sempat curiga dan takut dengan keberadaan kardus di depan rumahnya. Dia dan keluarga sempat mengira barang tersebut berbahaya. Namun karena penasaran, dia membuka kardus tersebut yang ternyata bayi.

Warga menduga bayi tersebut dilahirkan tanpa bantuan bidan atau dokter. Beratnya mencapai 2,7 kilogram, dan panjang 50 sentimeter.

Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, mengutuk keras perbuatan oknum orang tua yang diduga telah menelantarkan bayi perempuan tersebut.

"Saya mengutuk keras perbuatan kedua orang tua yang tega membuang anak ini, karena bagaimanapun juga anak adalah titipan Tuhan. Banyak keluarga di luar sana yang menginginkan buah hati, sedangkan ibu ini tega membuangnya," ujar dia.

Dia berjanji akan mengusut tuntas kasus pembuangan bayi ini, dan mengungkap siapa orang tua si jabang bayi. Saat ini polisi sedang menyelidiki kasus pembuangan bayi ini.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal